Wednesday, March 13, 2019

Rejeki "Durian Runtuh" dari Tetangga : Segudang Fakta Sehat dan Bahaya Durian


Foto: hungrygowhere.com

"Makan durian bisa bikin panas dalam, kolestrol naik, dan setelah makan durian harus minum dari kulit bagian dalam durian yang warna putih itu".

Banyak mitos seputar makan buah durian yang beredar disekitar kita, sejauh mana yah kebenarannya. Setelah membaca banyak artikel kesehatan mengenai buah durian, apa-apa saja fakta dan mitos seputar buah durian yang bisa kita percayai saya akan sharing sedikit yang telah saya rangkum dari  berbagai sumber info kesehatan. Alhamdulillah berkah musim durian kali ini memberi kesan tersendiri bagi kami sekeluarga, kenapa bisa? soalnya beberapa hari ini tetangga dekat rumah sering membagikan hasil panen buah duriannya. Kalau dihitung-hitung sudah lima buah durian hasil panen pemberian tetangga, jadilah selama musim durian kali ini kami tidak pernah membeli untuk hanya makan buah durian saja. Keseringan makan buah durian membuat saya berfikir sehatkah jika terlalu banyak atau terlalu sering mengkonsumsi buah durian, yah apapun itu yang namanya berlebihan itu tentu saja tidak baik yah. Karena itu saya jadi tertarik untuk mencari tahu sebetulnya betulkah mitos yang selama ini saya tahu kalau setelah makan buah durian bisa mengakibatkan perut menjadi panas atau buah durian juga bisa meningkatkan kadar kolestrol didalam tubuh. 

MANFAAT BUAH DURIAN

 Jenis buah durian yang dirilis oleh Departemen Pertanian ada 21 jenis durian yang ada di Indonesia yaitu petruk, sukun, sitokong,  othong, kani, simas, sunan, sihijau, sijipang, siriwig, bokor, perwira, sidodol, bantal mas, hepe, marahari, aspar, sawah mas, raja mabah, kalapet, dan lai mansau (Untung, 2008). Apapun nama jenis durian kandungan gizinya tetaplah sama yang membedakan hanya tekstur dagingnya, ada yang tebal dan tipis. Faktanya, 1 kg buah durian mengandung sekitar 1.350 kalori. Berarti, jika kamu mengkonsumsi 1 kg buah durian, berarti 68 persen kebutuhan harian kalorimu sudah terpenuhi. Kebutuhan kalori yang dianjurkan untuk orang dewasa sendiri adalah 2.000 kalori per harinya. Berikut kandungan gizi yang terdapat dalam 100 gram buah durian :
☑️Karbohidrat sekitar 27 gram ,
☑️ 4 gram serat,
☑️1,5 gram protein,
☑️5 gram lemak,
☑️vitamin A sebanyak 44 IU,
☑️vitamin C sekitar 20 mg,
☑️magnesium 30 mg,
☑️ fosfor 39 mg,  Kandungan mineral dan senyawa lainnya hingga 100 gr ☑️potasium, ☑️asam amino triptofan, ☑️asam folat, ☑️asam pantonetat, ☑️thiamin, ☑️riboflavin, ☑️niacin dan ☑️B6, ☑️antioksidan, ☑️seperti asam kafeat, ☑️antosianin, dan ☑️quercetin; dan mineral penting, seperti ☑️zat besi, ☑️kalsium, ☑️magnesium, ☑️sodium, ☑️seng, dan ☑️fosfor, dan ☑️kolesterolnya 0 miligram. Terjawab sudah kekhawatiran saya ternyata tidak benar jika durian mengandung kolesterol.
 Dengan kandungan gizinya menjadikan durian sebagai sumber energi terbaik, serat terbaik, sumber vitamin dan mineral, serta tinggi kandungan lemak dan kalori, mendukung sistem saraf dan kekebalan tubuh dan meningkatkan pembentukan sel darah merah.
 Seperti dilansir dari Organicfacts, durian mampu membantu pencernaan karena mengandung kadar serat yang tinggi. Selain itu, durian juga bagus untuk kesehatan kardiovaskular dan tekanan darah, karena kaya akan kalium, selain itu kandungan kaliumnya yang tinggi bisa membantu mengurangi kelelahan juga bisa mengurangi stress dan kecemasan . Buah ini juga mencegah penuaan karena kaya antioksidan dan antioksidan juga dapat memerangi radikal bebas yang dapat menghancurkan DNA sel sehat dan mengubahnya menjadi sel kanker.
 Ditambah lagi sebuah studi dalam "American Journal of Gastroenterology" pada Mei 2010 menunjukkan bahwa protein dari daging dan ikan dapat menyebabkan peningkatan risiko sindrom iritasi usus besar, sehingga mendapatkan protein dari buah, sayuran dan sumber lain mungkin lebih bijak agar tak terkena masalah ini. Salah satunya durian.
Wah ternyata banyak sekali kandungan gizi yang terdapat dalam buah durian. Supaya informasinya seimbang berikut fakta bahaya makan buah durian. 

BAHAYA MAKAN DURIAN

 Faktanya, The king of fruit ini ternyata juga berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi terlalu banyak dengan kondisi buah dalam keadaan terlalu matang.  Berikut pernyataan dr. Inge Permadhi, SpGK saat dihubungi kumparan.com "Durian yang terlalu matang mengandung alkohol dan jika dikonsumsi secara berlebihan akan memicu beragam penyakit. Durian yang telalu matang memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Memakannya secara berlebihan akan memancing kadar kolesterol naik. Kolesterol yang tinggi dapat memicu beragam penyakit kronis, seperti asam urat dan penumpukan plak pada pembuluh darah yang akan berujung pada stroke dan gagal jantung."
 Untuk penderita penyakit jantung, durian ternyata mengandung alkohol dan lemak tak jenuh yang jika dikonsumsi secara berlebihan akan membuat detak jantung berdetak lebih cepat. Selain mengandung lemak tak jenuh, durian juga kaya akan gula alami, yaitu fruktosa dan sukroksa. Sehingga jika dikonsumsi terlalu banyak maka akan menyebabkan obesitas. Penyakit diabetes melitus merupakan penyakit kronis yang akan timbul jika mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula terlalu banyak. Salah satunya durian. Jika sudah terjadi, maka akan berisiko munculnya beragam komplikasi pada jantung, pembuluh darah, mata, ginjal, hingga saraf.
 Yah, Yang namanya buah tentu saja merupakan makanan yang sehat, namun tetap saja sesuatu yang jika dikonsumsi terlalu berlebihan akan tidak baik pada kesehatan. Hal ini juga dijelaskan didalam Al-Quran sesuatu yang berlebihan itu tidak disukai oleh Allah swt “Makan dan minumlah kalian, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan”. (QS. Al A`raaf : 31)
 Yang terakhir bagaimana dengan mitos minum dari kulit durian setelah makan durian akan menetralisir rasa panas atau pening setelah makan buah durian, menurut penelitian yang dilakukan universitas di Inggris dan Thailand dalam Carbohydrate Polymers, kulit durian nyatanya mengandung zat pektrin, yaitu senyawa golongan karbohidrat yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab penyakit. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih detail lagi untuk mendukung keabsahan informasi ini. 
Sumber :
https://www.google.com/amp/s/hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/bahaya-durian-dimakan-kebanyakan/amp/ 
.

2 comments:

  1. Teringat pernah kena marah suami karena diam-diam makan durian saat hamil. Padahal faktanya durian juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang diperlukan untuk ibu hamil lho😞

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal mba..hehe sampai harus diam-diam gitu ya. Padahal durian penuh gizi dan nutrisi bisa juga berkunjung ke instagram @durianwritter

      Delete