Saturday, April 13, 2019

#MoneySmartMenginspirasi saya memiliki tabungan emas



Tujuh tahun berumah tangga, tidak lantas menjadikan saya hebat dalam hal mengatur keuangan.
Agar segala kebutuhan dapat terakomodasi dengan baik, sudah menjadi kewajiban bagi saya sebagai seorang ibu rumah tangga, memiliki strategi yang baik dalam mengatur keuangan.
Tetapi, ternyata hal ini bukanlah perkara yang mudah, dibutuhkan displin dan konsisten dalam membedakan setiap Keinginan dan Kebutuhan setiap anggota keluarga, agar kami tidak kebablasan diakhir bulan.

Harus saya akui, saat ini mungkin saya agak terlambat untuk mulai berinvestasi, seharusnya sejak awal pernikahan saya sudah mulai memikirkan untuk mulai berinvestasi.
Apalagi keluarga kami bisa dibilang bukan keluarga kecil lagi dengan tiga orang anak usia 6 tahun, 4 tahun dan 8 bulan,  berarti total sudah 5 anggota keluarga.
Berinvestasi juga direkomendasikan oleh banyak ahli perencana keuangan.
Hal ini karena keuntungan dari berinvestasi yang memiliki perbedaan dengan menabung, investasi tidak akan tergerus inlfasi beda halnya dengan menabung.



Bagaimana memilih investasi yang aman ?
Berawal dari tontonan saya di salah satu tv swasta, program "KabarPasar" mengenai banyaknya investasi ilegal sejak tahun 2008 hingga 2018, yang nilainya mencapai hingga 88 trilyun, sehingga kita diharapkan agar lebih teliti lagi dalam berinvestasi.
Tapi sayang isi beritanya tidak lengkap karena diakhir berita tidak dibahas mengenai solusi yang tepat dalam memilih investasi yang aman dan legal itu seperti apa.
Salah satu situs yang banyak membahas berbagai hal mengenai keuangan yaitu @moneysmart.id.
Termasuk pembahasan mengenai investasi, ada cukup banyak artikel yang memaparkan secara rinci mengenai Investasi.
Mulai dari apa itu investasi, jenis-jenis investasi, bagaimana memilih investasi yang aman, mengapa kita harus berinvestasi, hingga artikel yang khusus buat ibu rumah tangga dalam memilih investasi yang tepat itu seperti apa, juga dijelaskan dalam satu artikel yang sangat menarik.
Karena info yang disajikan dalam situs ini sangat komplit, artikelnya pun telah menginspirasi saya untuk segera memulai membuka sebuah rekening tabungan emas di pegadaian.

Bisa dibaca pada link berikut
https://www.moneysmart.id/investasi-emas-pegadaian-dan-3-investasi-lain-buat-ibu-rumah-tangga/?amp

Menurut artikel, ada empat jenis investasi yang cocok buat ibu rumah tangga seperti saya, yaitu :
1. Investasi Tabungan emas di Pegadaian
2. Reksadana
3. Tabungan berjangka
4. P2P Landing

Nah dari keempat pilihan yang ada saya lebih cenderung memilih point yang pertama yaitu investasi tabungan emas.
Alasan saya memilih Investasi tabungan emas karena modal awalnya yang bisa dimulai dengan seratus ribu rupiah saja kita sudah memiliki emas seberat 0,1597 gram, lumayan dan tinggal konsisten saldonya ditingkatkan tiap bulan tidak harus besar nominalnya, sedikit demi sedikit khan lama-lama jadi banyak juga.
Sehingga kalau sudah begini gaji kecilpun bukanlah masalah.
Apalagi ditambah persyaratannya yang sangat mudah, hanya mengisi biodata sesuai Kartu Tanda Penduduk dan dengan modal awal yang sangat terjangkau.
Melalui applikasi digital kita bisa menakar sendiri berapa jumlah nominal yang kita pilih untuk menambah saldo tabungan emas kita.

Kalau kita tidak sempat datang ke outlet pegadaian untuk membuka tabungan emas, kita juga dimudahkan untuk membuka tabungan emas secara online melalui applikasi pegadaian digital service.

Informasi dari artikel mengarahkan kita untuk membuka Tabungan emas di Pegadaian.
Siapa yang tidak tahu dengan BUMN yang satu ini.
Kredibilitasnya sudah tidak diragukan lagi sejak dulu, sehingga sangat aman untuk memulai tabungan emas di Pegadaian.
Dan juga belajar dari pengalaman Ibu saya, yang menjadikan emas sebagai barang investasinya.
Beliau memiliki sebuah gelang emas yang dibelinya sekitar tahun 90an dan harga emas saat itu per gramnya hanya tiga puluh ribu dengan total berat 10 gram.
Jika dibandingkan dengan harga emas saat ini, keuntungan yang didapatkan sudah sangat berlipat, baik itu dijual maupun digadaikan
Tidak terhitung lagi, sudah berapa kali emas milik beliau keluar masuk pegadaian untuk digadaikan buat biaya sekolah saya dan adik , beliau menyekolahkan kami hingga lulus kuliah salah satunya dengan investasi emas yang beliau miliki.
Alhamdulillah senang sekali sekarang saya juga bisa memulai investasi emas.
Walaupun mesti sabar menunggu hingga target tabungan kita sudah tercapai, emasnya secara fisik baru bisa dipegang.





Sama halnya dengan jenis investasi lainnya yang akan kita pilih, pastikan terlebih dahulu bahwa investasi tersebut terdaftar di lembaga Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang akan menjamin investasi kita tidak akan hilang suatu saat nanti, karena OJK juga merupakan badan resmi milik negara.

Tentunya kita semua punya impian untuk bisa menikmati hari tua dengan sehat dan bahagia, bisa menyaksikan anak-anak lulus kuliah dan mencapai cita-cita mereka, dan itulah yang sedang saya persiapkan saat ini.
Karena kita tidak selamanya muda dan kuat, akan datang saat dimana tenaga dan fisik kita tidak seproduktif saat ini, karena itu kita butuh berinvestasi sejak sekarang.
Jadi tunggu apalagi, itulah mengapa berinvestasi sejak sekarang menjadi suatu keharusan menurut saya.
#MoneySmartMenginspirasi saya memiliki tabungan emas.
@moneysmart.id merupakan portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, berdedikasi untuk menjadi pemandu dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.
Jika biasanya artikel mengenai keuangan itu terkesan sangat serius dan membosankan berbeda dengan situs moneysmart segala macam informasi mengenai finansial dibahas dengan ulasan yang menarik, inspiratif dan selalu up to date.

No comments:

Post a Comment