Saturday, May 11, 2019

Cara Bijak Memanfaatkan Promo Online Shop

Picture : Pixabay.com
Gaya hidup kita memang sudah betul-betul berubah, dengan ramainya kehadiran online shop di Indonesia berbelanja secara online menjadi lebih praktis dibanding kita harus ke toko-toko atau pusat perbelanjaan seperti mall, walaupun kadang kita butuh juga yang namanya sekedar jalan-jalan cuci mata atau mejeng di mall sebagai sarana merefresh pikiran kita setelah sumpek seharian sibuk dengan rutinitas sehari-hari.

Namun hal ini betul terbukti, dari curhatan seorang pedagang yang kebetulan tetangga saya, dia mengeluhkan kalau pasar-pasar tradisional tempatnya berdagang pakaian setahun belakangan ini selalu sepi pembeli. Tapi sepertinya memang kalau dipasar tradisional tidak akan kita jumpai potongan harga atau promo kepada pembeli kecuali kita memang jago dalam menawar, dan berbeda halnya dengan toko-toko di pusat perbelanjaan akan kita jumpai layaknya perang diskon. 

Picture : Pixabay.com

Menjelang hari raya , seperti sekarang ini baik itu toko offline maupun toko online nampaknya sudah menjadi tradisi setiap tahunnya dengan tidak menyia-nyiakan begitu saja antusias belanja para calon pembeli dengan mengadakan promo atau harga sedikit lebih murah dari biasanya, tentu saja ini merupakan salah satu strategi pasar yang dilakukan agar penjualan meningkat.

Para pedagang seperti berlomba-lomba memberikan harga yang paling menarik calon pembeli, dan hal ini sangat menguntungkan kita sebagai calon pembeli.

Siapa coba yang tidak mau memiliki barang yang diidamakan dengan harga yang lebih murah dibanding harga normal biasanya.

Tampaknya hal tersebut selalu berhasil menggaet pembeli untuk berbelanja banyak kebutuhan buat hari raya seperti Lebaran. 

Penawaran yang ditawarkanpun sangat menarik, mulai dari penawaran gratis ongkir dengan ketentuan dan syarat minimal pembelian, pembagian voucher belanja gratis, diskon atau potongan harga 15 hingga 80%.

Disinilah kita perlu waspada agar kebutuhan yang semakin besar jelang hari raya tidak membuat kita kalap mata dalam berbelanja.

Terkadang kita membeli barang yang sebetulnya kita tidak kita butuhkan sama sekali, tetapi karena tergiur dengan harganya yang jauh lebih murah sehingga kita membelinya.

Selain itu, karena praktis dan mudahnya berbelanja secara online justru mendorong kita lebih konsumtif dan tidak cermat dalam berbelanja. 

Agar kita bisa lebih bijaksana dalam memanfaatkan promo online shop, berikut beberapa tips untuk Anda
  1. Manfaatkan Gratis Ongkos Kirim. Terkadang ongkos kirim digratiskan jika kita berbelanja dalam jumlah tertentu, maka ada baiknya jika mencatat terlebih dahulu barang apa saja yang akan kita butuhkan hingga beberapa waktu kedepan, sehingga kita bisa berhemat diongkos kirim.
  2. Gunakan situs perbandingan harga. Seperti telunjuk.com atau pricearea.com, disitus tersebut kita bisa membandingkan harga dari beberapa e-commerce lalu dapatkan penawaran terbaik sesuai yang dibutuhkan. Seperti tagline telunjuk.com 'Gak mau kan ketipu diskon, cek harganya dulu di telunjuk'
  3. Berburu kupon atau kode voucher. Berbelanja dengan kode tertentu yang telah diberikan oleh pihak e-commerce dapat memberikan potongan harga.
Mungkin hanya 3 tips yang bisa saya bagikan, namun ketiganya bisa sangat bermanfaat jika betul-betul dipraktekan, karena hal tersebut berdasarkan pengalaman pribadi saya selama berbelanja online. 

Happy Shopping
BPN30DayRamadhanBlogChallenge
Day6

No comments:

Post a Comment