Friday, May 31, 2019

Tradisi Berlebaran di Indonesia

Sumber : Liputan6.com

Hari raya lebaran atau Hari raya Idul fitri merupakan hari yang dinantikan seluruh umat muslim diseluruh dunia.

Untuk bisa merayakan hari raya lebaran, banyak masyarakat yang memilih mudik untuk berkumpul bersama keluarga di kampung halaman, dan bagi yang bukan perantau, suasana berlebaranpun tetap terasa menyenangkan karena berhasil melalui kewajiban beribadah puasa sebulan penuh yang merupakan perintah dari Allah swt.


Untuk bisa menahan diri bukan hanya untuk hal atau sesuatu yang haram saja, bahkan untuk menahan diri dari segala sesuatu yang sudah halal bagi kita.
Yang intinya, menunjukkan ketaatan kita sebagai kepada Allah swt.

Tapi tetap saja, ada rasa sedih karena itu berarti bulan Ramadhan akan segera berakhir.

Suasana lebaran merupakan suasana yang selalu penuh suka cita.
Mulai dari malam takbiran yang selalu meriah, ada festival bedug, pawai obor dan satu hal sejak kecil yang selalu saya tunggu-tunggu yaitu momen bakar petasan atau kembang api bersama sepupu dan keluarga besar tercinta lainnya.
Meskipun selalu ada himbauan untuk tidak membakar petasan karena berbahaya, tetap saja banyak yang menjual petasan.
Mungkin karena hal ini sudah menjadi kebiasaan masyarakat sejak dulu, jadi agak susah untuk menghilangkan tradisi yang satu ini.

Lanjut setelah pagi hari, bersama keluarga berangkat menuju lapangan atau tempat terbuka lainnya untuk melaksanakan ibadah shalat ied dua rakaat.

Sumber : Liputan6.com

Memang suasana lebaran yang meriah, seakan terbayarkan dengan rasa lelah setelah menempuh perjalanan mudik yang meletihkan.

Berbagai macam tradisi lebaran keluarga Indonesia selalu identik dengan makan ketupat lebaran lengkap dengan opor ayamnya.


Ziarah kubur anggota keluarga yang telah meninggal.
Tradisi bagi-bagi THR dan inti dari semua tradisi lebaran yang penuh makna adalah momen menjalin kembali silaturahmi sesama umat muslim.

Tidak ketinggalan juga, para pejabat yang melakukan open house di kediaman mereka dan pulangnya dapat selembar amplop deh.

Dan seakan menjadi penutup dari tradisi berlebaran kita, yaitu mengunjungi tempat-tempat wisata.
Semua tempat wisata akan selalu full di hari kedua atau ketiga pasca lebaran.
Mulai dari tempat wisata Outdoor sampai Indoor seperti Pantai, Taman Hiburan, Kebun Binatang dan tempat wisata lainnya pasti selalu full.

BPN30DAYRAMADHANCHALLENGE
DAY25


No comments:

Post a Comment