Sunday, May 19, 2019

Tutorial Hijab Untuk Wajah Bulat


Bismillah, kali ini postingan saya akan membahas tutuorial Hijab yang cukup lama saya persiapkan. 
Soalnya kelamaan mikirnya, ehehe. Mau pakai model orang lain atau pede sama diri sendiri peragakan cara pakai hijab saya sehari-hari. Akhirnya setelah cukup lama mikirnya, saya mantap memutuskan buat bikin tutorial hijab sendiri, mudah-mudahan bermanfaat bagi siapa saja yang membutuhkan. 

Pada intinya, mau bentuk apapun wajah kita baik itu, bulat, oval atau lonjong, kotak, bentuk hati dan istilah-istilah bentuk wajah lainnya, saat berhijab sebaiknya hijab yang kita pakai menutupi hingga bagian dada kita, agar jelas perbedaan dari menutup dan membungkus diri kita dengan hijab. 

Pinterest.com

Sebuah nasehat dari guru saya sewaktu masih sekolah dulu dan masih selalu saya ingat, berhijab bisa kita bandingkan atau umpamakan dengan menutup buah durian dan membungkus buah durian.
Kata Menutup dan Membungkus jelas memiliki tampilan yang berbeda. 
Dengan membungkus berarti lekuk dari buah durian akan terbentuk dengan jelas, beda halnya dengan Menutup, tidak akan menampakkan lekuk dari bentuk buah durian itu.

Hal diatas tentunya hanya sebuah perumpamaan, seperti halnya dengan berhijab. Ketika kita memakai pakaian yang serba ketat saat berhijab, hal tersebut sama saja dengan membungkus tubuh kita dengan menampilkan lekuk dari tubuh dengan jelas. 
Sedangkan Menutup, sama halnya kita berpakaian dengan ukuran yang tidak pas dibadan atau longgar sedikit dan tidak menampakkan lekuk dari tubuh kita dan hijab pun menjuntai hingga menutupi dada, Insya Allah dengan begini kita telah menaati perintah Allah swt dalam Al-Quran Surah An-Nur ayat 31 yang artinya 'Dan hendaklah mereka (perempuan yang beriman) menutup kain kerudung ke hingga menutupi dada mereka'

Itu tadi sedikit selingan sebelum masuk ke inti postingan saya. 
Memiliki bentuk wajah yang bulat seperti saya, seringkali sulit mengakali model hijab agar tidak semakin menampakkan kebulatan wajah saya, karena sewaktu belum berhijab wajah bulat saya bisa diakali dengan mengakali bentuk atau gaya rambut saya yang berponi. 
Tapi itu dulu, setelah berhijab kini hijablah yang harus saya akali juga karena wajah bulat saya sering dijadikan bahan bercandaan teman walaupun hanya candaan tapi sebetulnya saya rapuh dengan candaan mereka 😂 ,(hehehe bercanda).

Akhirnya setelah lama mencoba dan mencari dari youtube, ternyata banyak youtuber yang juga memiliki problem yang sama seperti saya. 

Favorit saya dalam berhijab itu, memakai hijab pasmina dan hijab segiempat.
Kali ini tutorial saya, menggunakan hijab segi empat.

1. Hijab segi empat kita bentangkan lebar dan dilipat hampir setengahnya.


2. Panjang kedua sisi tidak sama panjang.
Sisi kanan lebih panjang dan sisi kiri lebih pendek.


3. Posisi hijab jangan terlalu kebelakang wajah karena akan wajah akan semakin terlihat bulat, dan juga jangan terlalu kedepan wajah, idealnya menutupi pipi chubby untuk memberikan efek tirus pada wajah. Satukan dan sematkan peniti dibawah dagu.


4. Kita tarik kebelakang bagian yang lebih panjang, dengan tidak lupa mengatur bagian depan hijab agar tetap menutupi dada. Tarik yang bagian lebih panjang hingga ke bagian atas kepala, lalu sematkan jarum pentul biar ujung kerudung tidak mudah bergeser.


5. Rapikan hijab dan jadi. 



Alhamdulillah selesai
BPN30DAYRAMADHANCHALLENGE
DAY 12



No comments:

Post a Comment