Tuesday, June 4, 2019

Doa dan Harapan


Allah swt berfirman dalam Al - Qur'an
"Berdoalah kepada-Ku, Aku akan kabulkan doa kalian. Sungguh orang-orang yang menyombongkan diri karena enggan beribadah kepada Ku akan dimasukkan ke dalam Neraka Jahannam dalam keadaan hina dina" ( QS Ghafir : 60)

Dan Andrea Hirata juga berujar dalam novelnya Sang Pemimpi
"Bermimpilah maka Tuhan akan memeluk mimpi-mimpimu"-Arai-. 

Sebagai manusia biasa kita hanya bisa berdoa dan berusaha, selebihnya kita pasrahkan hasilnya kepada Allah swt.



Kita diperintahkan untuk banyak memanjatkan doa dan harapan hanya kepada Sang Maha Kuasa saja dan jangan pernah menyekutukan-Nya dengan sesuatu apapun dengan mengharap dan meminta selain kepada Allah swt.

Mengenai dikabulkan atau belum dikabulkannya doa dan harapan kita, sesungguhnya kita dilarang berprasangka buruk atau bersu'uzhon kepada Allah swt, melainkan kita dianjurkan untuk selalu berprasangka baik atau husnuzhon kepada Allah swt.

Dalam sebuah hadis qudsi Allah swt berfirman "Aku (tergantung) prasangka hamba-Ku kepada-Ku"

Ingatlah selalu, ketika semuanya tidak berjalan sesuai rencana dan yang di harapkan, Allah swt sedang mempersiapkan sesuatu yang jauh lebih besar dikemudian hari, dan inilah proses.

Banyak hal yang bisa kita upayakan agar doa kita diijabah oleh Sang Khalik, dengan berdoa diwaktu mustajab diantaranya sepertiga malam yang terakhir atau waktu sahur, berbuka puasa, jeda antara adzan dan iqamah, ketika turun hujan, hari jumat, sujud dalam shalat, dan ketika meminum air zam-zam, wallahu a'lam. 

Mengenai doa dan harapan saya sebagai penulis di blog ini, semoga saya senantiasa diberikan nikmat sehat agar bisa terus berkarya dan terus menghasilkan artikel yang bernilai manfaat.
Dan semoga bisa menyelesaikan challenge menulis dari Blogger Perempuan Network sampai hari terakhir Aamiin.

BPN30DAYRAMADHANCHALLENGE
DAY29

2 comments:

  1. Aamiin.
    Ayoo mbak kita semangat untuk challenge yang tersisa 1 tema lagi ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak sehari lagi..satu post lagi akhirnya..padahal hampir menyerah saya karena sesuatu hal 😁

      Delete