Friday, June 21, 2019

Keistimewaan Berdoa di Hari Jumat Dalam Islam


Alhamdulillah, kita sudah sampai lagi dihari Jumat.
Setelah berpuasa Sunnah sebelumnya dihari Kamis (bagi yang melaksanakan), mari kita lanjutkan ibadah yang Insya Allah merupakan hari Istimewa dalam Islam yaitu Hari Jumat.

Bagi yang belum tahu mengenai keistimewaan berdoa dihari Jumat, kali ini postingan saya akan menyampaikan beberapa hadis shahih mengenai keistimewaan berdoa dihari Jumat.

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, keistimewaan hari jumat dijelaskan dalam banyak Hadis dan Riwayat.

Dimulai dari penciptaan manusia pertama yaitu Nabi Adam as, dimasukkan dan dikeluarkan dari surga semuanya terjadi dihari Jumat.
Selain itu, tidak akan datang atau terjadi hari Kiamat kecuali hari Jumat.

Dari Abu Hurairah radiallahu anhu, Rasulullah saw bersabda :
 " Hari paling baik dimana matahari terbit pada hari iti adalah hari Jumat, pada hari itu Adam diciptakan dan pada hari itu pula Adam dimasukkan ke dalam surga, serta diturunkan dari surga. Pada hari itu juga kiamat akan terjadi, pada hari tersebut terdapat suatu waktu dimana tidaklah seorang mukmin shalat menghadap Allah swt mengharapkan kebaikan kecuali Allah swt akan mengabulkan permintaannya." (HR. Muslim)

Hari Jumat merupakan hari khusus Jumat Islam yang disebutkan dalam Al-Quran yaitu dalam Q.S.Al Jumuah ayat 9
" Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah swt dan tinggalkanlah jual beli, yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui"

Pernahkah teman sekalian merasa doa dan permintaannya belum dikabulkan, Jangan berputus asa terhadap rahmat Allah swt sesuai firman Allah swt dalam Q.S. Az Zumar ayat 53 :
" Hai hamba-hambaku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah swt. Sesungguhnya Allah swt mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah yang Maha Mengampuni lagi Maha Penyayang"

Cobalah untuk serius berdoa dihari Jumat, karena terdapat waktu mustajab untuk berdoa dihari Jumat.

Sebagaimana dijelaskan dalam Hadis Abu Hurairah, Rasulullah saw pernah bersabda : "Sesungguhnya pada hari Jumat terdapat waktu mustajab bila seorang muslim mendirikan shalat dan memohon sesuatu kepada Allah swt diwaktu itu, niscaya Allah swt akan mengabulkannya".
"Kemudian Rasulullah saw mengisyaratkan dengan tangannya menggambarkan sedikitnya waktu itu" (HR. Muttafaqun Alaih)

Diantara sekian banyak pendapat para ulama, pendapat yang paling kuat ditunjukkan dalam banyaj hadist shahih yaitu :

  1. Setelah shalat ashar. Bacalah surah Al Kahfi dan banyak memanjatkan doa hingga menjelang waktu Adzan Maghrib.
  2. Berdoa saat dimulai duduknya Khotib Shalat Jumat hingga selesai shalat. 
Intinya jangan lupa untuk mengambil hikmah dan pelajaran dari surah Al-Kahfi dengan memahami makna dan terjemahannya. 

Selain itu dijelaskan dalam Hadis Riwayat Abu Dawud :
"Pada hari Jumat terdapat dua belas jam (pada siang hari) diantara waktu itu ada waktu yang tidak ada seorang hamba muslimpun memohon sesuatu kepada Allah swt melainkan akan dikabulkan permintaannya. Oleh karena itu, carilah ia diwaktu setelah Ashar".

Berikut ini tiga kedudukan mulai terendah, pertengahan hingga tertinggi bagi yang menginginkan dan mencari waktu mustajab setelah Ashar dihari Jumat sesuai Fatwa Sual Wal Jawab no.112165
  1. Kedudukan terendah ; ditempatnya (rumah atau yang lainnya ) berdoa kepada Allah swt.
  2. Kedudukan pertengahan ; berangkat ke mesjid sebelum magrib kemudian shalat tahiyatul masjid, berdoa sampai akhir waktu ashar.
  3. Kedudukan tertinggi ; tetap tinggal dalam mesjid setelah shalat ashar dan berdoa, ditekankan ketika akhir waktu ashar (menjelang magrib)

Bagi kaum wanita dan yang terhalang sakit untuk ke mesjid boleh dilakukan dari rumah berdoa dan berharap dimustajabkan oleh Allah swt.

Sungguh kita tidak pernah akan tahu hari Jumat yang mana, Hari Kiamat akan terjadi.
Maka dari itu senantiasa meningkatkan keimanan dan ketawaan kita kepada Allah swt setiap saat dan setiap waktu merupakan hal yang wajib kita laksanakan.

Wallahu a'lam bi shawab

Dari berbagai sumber :
Muslim.or.id
Islampos.com



No comments:

Post a Comment