Sunday, June 23, 2019

Kenali 7 Jenis Minuman Kopi Kekinian Agar Tak Salah Pesan



Pengalaman pernah menikmati secangkir kopi jenis Cappuccino dan Latte seketika membuat lidah saya jadi suka minum kopi.

Ditambah lagi saat ini berbagai jenis minuman kopi telah menjelma menjadi sebuah gaya hidup dan eksistensi bagi para penikmatnya.

Yaah dengan berbagai macam teknik dan olahan dalam penyajian minuman hitam ini, bisa menjadikan kopi yang biasa-biasa saja menjadi nikmat dengan rasa kopi yang tidak terlalu strong lagi dilidah bagi yang pada dasarnya tidak terlalu suka minum kopi seperti saya dan ingin menikmati kopi dengan cara yang beda.

Tapi sebelum itu, berikut info mengenai beberapa manfaat dari minum kopi.

Hasil dari sebuah studi baru-baru ini yang melibatkan 430.000 lebih peserta bahwa mengkonsumsi kopi secara rutin (tidak terlalu banyak) dikaitkan dengan penurunan angka kematian dan dapat menjadi bagian dari diet sehat.

☕ Meningkatkan fungsi otak dan metabolisme. Kandungan kafein pada secangkir kopi dapat meningkatkan aktivitas di otak. Sehingga dapat membuat lebih konsentrasi serta mengurangi rasa lelah.

☕ Mengurangi resiko Demensia (menurunnya daya fikir). Penyakit Alzheimer merupakan penyebab utama Demensia. Peminum kopi beresiko lebih rendah 65% menderita Alzheimer.

☕ Menurunkan resiko penyakit hati. Mimum dua cangkir kopi setiap hari dikaitkan dengan 44% penurunan resiko sirosis (kerusakan) hati, yang sering disebabkan oleh konsumsi alkohol berlebih atau obat-obatan dan infeksi virus tertentu seperti Hepatitis B dan C.

☕ Kafein yang terkandung dalam kopi menurunkan resiko Diabetes tipe 2. Meminum secangkir kopi setiap hari dapat menurunkan 7% resiko diabetes tipe 2.

Setelah mengetahui manfaatnya, berikut ini ada 7 jenis minuman kopi kekinian yang mayoritas tertera dalam buku menu retail coffe shop (seperti Starbucks).


1. Espresso.
Dari bahasa italia berarti ekspress atau cepat. Espresso merupakan jenis kopi paling dasar. Minuman ini lebih kental dan punya konsentrasi lebih tinggi. Kadar kafeinnya yang tinggi membuat espresso disajikan dalam volume lebih kecil dan memiliki cangkir khusus espresso berukuran 30 ml sampai 118 ml.
Espresso tampak seperti cairan madu hangat dengan busa keemasan (crema) diatasnya.

2. Latte.
Latte merupakan espresso dengan kombinasi susu dengan perbandingan 1 berbanding 2. Dalam segelas Latte ada 1/3 bagian adalah kopi, 2/3 nya adalah susu cair. Lebih spesifiknya lagi 2/6 espresso, 3/6 susu cair, dan 1/6 foam. Biasanya latte disajikan dengan topping yang indah dikenal dengan Lattte art.

3. Cappuccino. Minuman ini sangat populer di Italia. Terdiri dari espresso, susu cair dan foam (busa susu). Bedanya dengan latte, cappuccino dibuat dengan perbandingan 1/3 espresso, 1/3 susu cair, 1/3 foam.
Takarannya harus tepat. Busa susu yang menutupi cangkir kopi menyerupai sebuah topi (cap) maka dinamai Cappuccino.

4. Americano, minuman kopi dengan satu sloki espresso diseduh dengan air panas lebih banyak sehingga lebih encer dibandingkan espresso. Bisa juga disajikan dingin disebut Iced Americano.

5. Mocaccino. Pada dasarnya mocha dengan gabungan antara kopi dan cokelat. Beberapa varian cokelat biasanya digunakan, ada yang menggunakan sirup cokelat dan juga cokelat bubuk.
Cokelatnya juga bervariasi mulai dari white chocolate dan dark chocolate.

6. Affogato merupakan sajian ice cream dalam cangkir atau mangkok kecil yang disiram dengan espresso.
Minuman kopi jenis ini berasal dari Italia, Affogato berarti tenggelam, tenggelamnya satu scoop ice cream di dalam segelas espresso.

7. Macchiato merupakan minuman kopi dengan campuran espresso dan susu. Ada dua jenis Macchiato yaitu Espresso Macchiato dan Latte Macchiato yang terasa milky dan gurih.

Berbagai jenis minuman kopi nikmat diatas dapat kita nikmati santai dengan teman atau rekan kerja di cafe-cafe.

Tetapi jika sedang malas ke luar rumah hanya untuk menikmati kopi nikmat yang tidak biasa itu, sekarang ini sudah banyak dijual berbagai macam kopi jenis cappuccino, mochaccino dan latte dalam bentuk sachet dan rasanya juga tidak kalah nikmat dengan ngopi di cafe-cafe.


14 comments:

  1. Nyoba espresso dan itu ternyata pahit banget wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah makanya disajikan pakai gelas kecil 😊

      Delete
  2. Kopi Ulee Kareng sesekali cobain Ifandha, khas Aceh itu. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru dengar..biasanya yang khas Aceh itu Teh tarik bukan..hihihi

      Delete
  3. Replies
    1. Iyah setuju yang berbau kopi mix susu..gurih

      Delete
  4. Mocacino menurut gw yang paling enak

    ReplyDelete
  5. Tetep kapal api, oplet dan cap kupu kupu yg favorit ane gan hehe

    ReplyDelete
  6. suka latte sma mocacino
    nikmat dirasa

    ReplyDelete
  7. Saya sebagai pecinta kopi paling suka minum kopi americano, karena rasa pahit yang di hasilkan dapat menyembuhkan bebagai penyakit��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ternyata kopi baik untuk kesehatan juga

      Delete