Friday, July 19, 2019

Keutamaan Puasa Arafah 9 Dzulhijjah 1440 H - 10 Agustus 2019

Puasa arafah 9 dzulhijha

Puasa Arafah yang dilaksanakan setiap tanggal 9 Dzulhijjah dalam kalender Tahun Hijriah merupakan salah satu puasa sunnah yang memiliki keutamaan yang sangat mulia dan istimewa. Dan untuk tahun 2019, 9 Dzulhijjah 1440 H jatuh pada tanggal 10 Agustus 2019.

Bulan Dzulhijjah merupakan bulan dimana seluruh umat muslim dari seluruh belahan bumi berkumpul di satu tempat yaitu tanah suci Makkah untuk menunaikan serangkaian ibadah haji.

Serangkaian kegiatan dalam pelaksanaan ibadah haji dilaksanakan secara tertib dengan harapan mendapat berkah dari Allah swt dan bisa menjadi haji yang mabrur yaitu haji yang baik, diterima oleh Allah swt dan tidak ada balasan lain yang didapat kecuali syurga.

Alangkah bahagianya jika bisa menyempurnakan rukun islam yang ke terakhir ini, yaitu 'beribadah haji bagi yang mampu'. Sungguh nikmat luar biasa yang patut disyukuri karena tidak semua umat muslim yang mampu dapat memenuhi panggilan dari Allah swt ini.

Puasa Arafah setiap tanggal 9 dzulhijjah merupakan puasa yang dianjurkan agar turut merasakan nikmat yang dirasakan oleh kaum muslimin yang sedang berhaji yang bertepatan saat para jamaah sedang wukuf di Padang Arafah.

Adapun keutamaan berpuasa ditanggal 9 dzulhijjah yaitu dihapuskan segala dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.

Hal ini dijelaskan dalam sebuah riwayat, yaitu riwayat Abu Qatadah al-Anshari radiyallahu anhu "Dan Rasulullah saw ditanya tentang berpuasa dihari Arafah. Maka, baginda bersabda, Ia menebus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang" (HR. Imam Muslim)

Keutamaan lainnya yaitu :

  1. Diberikan keberkahan dalam kehidupan oleh Allah swt
  2. Perbanyak berdoa, menurut Imam Malik, Rasulullah saw bersabda, " Sebaik-baik berdoa adalah berdoa pada hari Arafah"
  3. Dijamin kehidupan rumah tangganya
  4. Dibersihkan darinya segala dosa dan kesalahan yang telah lalu
  5. Dilipatgandakan pahala amal dan ibadah
  6. Dimudahkan kematiannya
  7. Diterangi kuburnya selama di alam barzah
  8. Diberatkan timbangan amal baiknya di padang mahsyar
  9. Diselamatkan dari kejatuhan kedudukan di dunia, serta dinaikkan martabatnya di sisi Allah swt. 

Niat puasa arafah : " Nawaitu shauma'arafata sunnatan lillahi ta'ala"
( Saya niat puasa sunnah arafah, karena Allah ta'ala )

Dengan membaca niat yang benar, insya Allah semoga amal ibadah puasa arafah yang dilaksanakan mendapat keberkahan dan menjadi amal yang mutaqabbalan (amal yang diterima Allah swt).

Sumber :
Islampos.com
Dan berbagai sumber lainnya



No comments:

Post a Comment