Monday, August 26, 2019

Kesibukan Blogger Asal Riau Yang Juga Merupakan Pendamping Sosial PKH "Neti Suriana"

Neti suriana

Sejak pertama kali tergabung dalam grup whatsapp 'Kelas Blog Pemula' yang dibentuk oleh bunda milda, saya sering melakukan kunjungan atau blogwalking ke beberapa blog yang ada di grup whatsapp 'Kelas Blog Pemula'.

Dan blog milik mba Neti ini merupakan blog pertama yang saya kunjungi.
Baiklah sebelum membahas banyak hal, mari berkenalan terlebih dahulu dengan pemenang arisan link pekan ketiga kali ini yaitu seorang blogger yang juga memiliki kesibukan lain sebagai pendamping sosial Program Keluarga Harapan (PKH).


Kesibukan Neti Suriana sebagai
 Pendamping Sosial PKH

Blogger asal Riau ini memiliki nama lengkap Neti Suriana dan nama pena Aura Husna, Neti S, Neti Suriana.
Lahir di Baturijal 25 Januari, 35 tahun yang lalu.
Merupakan sarjana pertanian lulusan Universitas Gajah Mada dan memiliki beberapa buku pertanian populer hasil karya mba Neti diantaranya yaitu ;
1. Bawang Bawa Untung, Budidaya Bawang Merah dan Bawang Putih (Cahaya Atma, 2011)
2. Cabe Sehat Berkhasiat (Andi Publishing, 2013).
3. Budidaya Cabai di Lahan Sempit (Infra Pustaka, 2013)
4. Panduan Lengkap dan Praktis Budidaya Cabai Rawit yang Paling Menguntungkan (Garuda Pustaka, 2019)


Selain memiliki karya tulisan sesuai bidang pendidikannya, mba Neti juga memiliki beberapa buku lainnya mengenai kajian islam yang menginspirasi ;
1. Ketika Merasa Allah Tidak Adil (GPU, 2012)
2. Kaya dengan Bersyukur (GPU, 2013)
3. Doa Penenang Hati (Rumah Ide, 2011)
4. Sedekah, Hidup Berkah Rezeki Melimpah (Albanna Publishing, 2013)
5. Sunnah Harian Rasul (Caesar Media Pustaka, 2015).

Saya selalu kagum dengan blogger-blogger yang berkarya hingga memiliki sebuah buku hasil tulisan sendiri seperti dua pemenang arisan link sebelumnya juga.
Seperti penulis favoritnya mba Neti yaitu Asma Nadia dan Andrea Hirata yang karya-karyanya hingga difilmkan sebagai film yang sukses menginspirasi banyak orang.

Anak ke dua dari lima bersaudara ini memiliki hobi jalan-jalan, membaca dan berkebun.

Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya diawal postingan ini, blog milik mba Neti merupakan blog pertama dan sering saya kunjungi waktu itu.
Alasannya karena satu postingan diblog mba neti yang sangat membekas diingatan saya yaitu beberapa tips yang perlu dilakukan agar ular tidak masuk ke dalam rumah.
Kalau di tempat mba Neti tinggal sering muncul ular karena lingkungan sekitarnya yang banyak pohon besar dan semak lebat, maka di tempat saya lain lagi penyebabnya.
Iyaaah karena kompleks perumahan saya yang agak mepet sama sawah, sehingga kejadian rumah ke'masuk'an ular seringkali terjadi.
Tapi jangan membayangkan ular besar dan penjang yang menakutkan seperti di film Anaconda ...huwaa lebay.., karena ular yang selalu muncul Alhamdulillah cuma ular daun yang ukurannya kecil, tapi yang namanya ular tetap saja bikin geli sekaligus ngeri.

Berikut beberapa tips yang coba saya bagikan dari mba Neti yaitu selalu menjaga kebersihan lingkungan rumah, dan juga cara tradisional lainnya yaitu dengan menaburkan garam, walaupun katanya cara menaburkan garam ini masih kurang efektif karena si ularnya masih sering nyasar masuk ke rumah mba Neti.

Sejak dulu saya juga sering bertanya sendiri, apa hubungannya garam yang ditaburkan disekeliling rumah untuk mencegah ular masuk, naah dari postingan mba Neti ini akhirnya saya mendapatkan jawabannya.
Yaitu karena ular termasuk hewan melata yang berjalan dengan perutnya, konon dipercaya saat melewati taburan garam ular akan merasa perih sehingga tidak akan melanjutkan perjalanannya memasuki rumah.
Ternyata cara ini juga cukup populer di tempat mba Neti tinggal, karena di tempat saya cara ini juga banyak disarankan di tempat saya di Sulawesi.

Bagi teman-teman yang ingin berkenalan lebih dekat dengan blogger asal Riau ini bisa berkunjung langsung dengan mengklik link tautan berikut :
www.netisuriana.com

Instagram :
https://www.instagram.com/neti.suriana/

Facebook: https://www.facebook.com/neti.suriana

No comments:

Post a Comment