Tuesday, October 22, 2019

Sejahtera dan Berdaya dengan Berkoperasi

(Kontribusi Koperasi Jaman Now
 terhadap Kesejahteraan Bangsa)

Bertahun-tahun yang lalu saat masih bersekolah dibangku SMA, masih bisa saya ingat dengan baik dimana saat itu orangtua saya menjadi salah satu anggota koperasi Koperasi Simpan Pinjam (KSP) BERKAT di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.
Sedikit info mengenai KSP BERKAT, yaitu merupakan salah satu jenis Koperasi Simpan Pinjam yang bisa dibilang cukup besar dengan berpusat di Kabupaten Bulukumba, KSP ini telah memiliki 27 cabang hampir di seluruh Kabupaten yang ada di Sulawesi Selatan.

Kala itu, sebagai remaja saya sudah bisa mengerti dengan baik ketika Bapak saya menitipkan sejumlah uangnya di Koperasi selama beberapa tahun.
Dan setiap menjelang hari raya Idul Fitri, dari pihak koperasi akan membagikan sebuah paket yang dilabeli 'THR' dimana isi paketnya yaitu ada gula pasir, mentega, sirup, dan susu kaleng.
Bahan baku tersebut tentu saja sangat meringankan beban ibu saya pastinya apalagi saat menjelang hari raya.
Dan hingga saat ini tradisi itu ternyata masih berlanjut.

Belum lagi ditahun 2018 lalu, saat KSP Berkat berulang tahun yang ke 50 tahun.
Dalam rangka merayakan ulang tahunnya KSP Berkat mengadakan acara jalan santai bersama seluruh anggota koperasi, dengan hadiah utamanya yaitu sebuah mobil, motor dan ada banyak hadiah hiburan menarik lainnya.

Jika dibandingkan dengan kontribusi koperasi bagi para anggotanya bertahun-tahun yang lalu hingga saat ini, terlihat jelas begitu banyak kebaikan yang telah diberikan sebuah koperasi bagi kesejahteraan para anggotanya.
Semacam hubungan yang saling menguntungkan, dimana koperasinya semakin berkembang dan juga para anggotanya semakin sejahtera, dan selanjutnya, kedepannya diharapkan meningkatnya kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.

Pengalaman diatas, tentu saja merupakan satu dari sekian banyak kontribusi koperasi terhadap kesejahteraan bangsa.

Sedangkan bagi pelaku usaha, khususnya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) terkhususnya lagi didaerah pedesaan yang dari sisi permodalan sebagian besar masih terbatas, ditambah terbatasnya Sumber Daya Manusia dengan rendahnya tingkat pendidikan, sehingga wajar saja jika kemudian akses kelembaga keuangan perbankan menjadi terbatas, ditambah persyaratan yang memberatkan, sehingga lembaga keuangan non bank yang aman bagi UMKM yaitu Koperasi.
Bentuk kerja samanya juga berbeda dengan lembaga keuangan bank.

Pict : IG @praja.misgroup

Apalagi saat ini telah hadir jenis koperasi syariah dengan sistem syariah yang sesuai dengan ketentuan islam atau dengan meneladani urusan ekonomi yang dilakukan oleh Rasulullah saw.
Koperasi syariah memakai dasar Al-Qur'an dan Hadist yang mendasari kerja sama dengan UMKM. Yang utama adalah meniadakan riba, karena riba merupakan salah satu jenis dosa besar.

Terlebih koperasi syariah berperan penting dalam gerakan pemberdayaan ekonomi umat islam.
Nilai lebih yang terkandung dalam koperasi syariah seperti shiddiq atau jujur, istiqamah atau terpercaya, tabligh atau transparan, amanah atau memiliki keunggulan yang baik, fathanah atau berkompeten, ri'ayah yang meningkatkan semangat solidaritas, empati dan Mas'uliyah yang bertanggung jawab atas tanggung jawab yang baik

Pentingnya mengembangkan teknologi bagi koperasi zaman now

Jika bertahun-tahun yang lalu saat dimana kita belum memasuki era industri 4.0 tentu akan sangat terasa perbedaannya saat mengurus berbagai keperluan administrasi.

Dengan hadirnya sebuh website khusus milik sebuah koperasi tertentu, tentu akan sangat memberi banyak manfaat bagi para anggota dan calon anggota koperasi tentunya.
Koperasi Indonesia saat ini semakin berkembang dengan hampir 80% koperasi sudah menggunakan finansial teknologi.

Dengan mengakses situs online sebuah koperasi yang memberikan banyak info detail bagaimana untuk memulai menjadi anggota koperasi, apa saja keuntungannya, mengapa harus menjadi anggota koperasi tentu akan semakin menarik minat masyarakat dijaman milenial saat ini.
Dengan tetap memegang prinsip utama koperasi yaitu atas dasar kekeluargaan dan untuk kesejahteraan bersama.

Referensi :
IG @praja.misgroup






No comments:

Post a Comment