Saturday, April 25, 2020

Sudah Maksimalkah Cara Anda Selama Ini Dalam Mencegah Covid-19 ?


Beberapa saat yang lalu Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengingatkan agar masyarakat selalu menjaga dan memperkuat sistem imun atau kekebalan tubuh dalam menghadapi pandemi covid-19.

Yaaa walaupun virus corona telah memakan banyak korban sayangnya hingga saat ini belum ditemukan vaksin yang tepat untuk mencegah virus ini.

Ada beberapa tindakan yang dapat kita lakukan untuk mencegah dari tertular virus berbahaya ini, dengan fakta usia yang paling renta terpapar virus corona yaitu anak-anak dan lansia yang memiliki daya tahan tubuh lebih lemah dibanding usia produktif.

Rajin mencuci tangan dan meningkatkan daya tahun tubuh, merupakan dua hal yang sangat penting untuk diperhatikan untuk mencegah tertular dari penyakit ini.


Mengapa rajin mencuci tangan menjadi prioritas bagi saya, karena tangan kita merupakan bagian dari tubuh kita yang paling cepat dihinggapi berbagai kuman dan virus, setelah memegang atau menyentuh barang umum misalnya pegangan pintu, tombol lift, handle tangga dan masih banyak lagi, sehingga penting untuk selalu menjaga kebersihan tangan kita.
Dan jika kita kesulitan menemukan air hand sanitizer dapat menjadi solusi, namun keberadaannya kini menjadi semakin langka kalaupun ada harganya menjadi fantastis dibanding harga normalnya.

Salah satu artikel disitus dailymail.co.uk mencoba membuktikan apakah teknik mencuci tangan kita selama ini sudah efektif.
Dengan menggunakan kamera UV dan mengoleskan gel yang dikenal sebagai Glo Germ, yang mensimulasikan bagaimana kuman menempel pada kulit.

Gel itu bening tetapi bercahaya di bawah sinar UV dan mengandung partikel dengan ukuran yang sama dengan kuman seperti coronavirus .


 Semakin putih tangan di foto-foto ini, semakin kotor - dan semakin gelap, bersih.

Hasilnya menunjukkan semakin lama tangan dicuci dan dibersihkan dengan sabun akan semakin baik.

Sistem imun atau sistem kekebalan tubuh yaitu kemampuan tubuh untuk melawan infeksi, meniadakan kerja toksin dan faktor virulen lainnya yang bersifat antigenik imunogenik.*

Tanpa sistem kekebalan tubuh yang baik kita akan mudah terserang penyakit yang disebabkan bakteri maupun virus.

Untuk menunjang sistem imun tubuh agar dapat berfungsi dengan baik, maka seseorang perlu menjalani pola gaya hidup yang sehat. Salah satunya dengan mengkonsumsi makanan sehat, yang dapat meningkatkan kekebalan atau daya tahan tubuh.


Diantaranya mengkonsumsi
1. Buah citrus untuk buah seperti lemon, jeruk, jeruk nipis dan jeruk lainnya. Buah citrus mengandung vitamin c, serat, folat dan kalium yang baik untuk daya tahan tubuh.

2. Jahe
Jahe lebih dikenal sebagai bumbu dapur yang ternyata juga dapat memberi manfaat kesehatan bagi tubuh.
Jahe dapat memberikan anti oksidan, anti peradangan serta memberikan perlindungan maksimal bagi tubuh.
Jahe juga mengandung vitamin c dan magnesium yang dapat digunakan untuk memperkuat sistem imun.

3. Bawang putih
Sudah sejak lama bawang putih dikenal berkjasiat untuk kesehatan seperti pencegah kanker. Sejumlah studi memaparkan mengkonsumsi bawang putih dapat menurunkan tekanan darah, kolestrol dan menguatkan imun tubuh.

4. Bayam
Banyaknya vitamin dan mineral yang terdapat pada bayam menjadikannya sayuran yang baik untuk dikonsumsi guna menguatkan sistem imun tubuh.

Selain itu ada juga buah pepaya dan brokoli yang dapat membantu sistem imun tubuh.

Setelah menjaga kebersihan diri dengan sering mencuci tangan dan mengkonsumsi makanan untuk meningkaktan imun tubuh, cara terbaik lainnya yaitu patuh pada himbauan pemerintah untuk #dirumahsaja.

Dan jika memang terpaksa harus keluar rumah, sebaiknya gunakan masker dan hindari berada dikerumunan banyak orang.

Setelah dari luar usahakan jangan menyentuh apapun sebelum mencuci tangan terlebih dahulu, dan segera berganti pakaian kemudian mandi.

30 Day Ramadhan Blog Challenge
Day 4

* Harian Fajar 28 Maret 2020 "Makanan penunjang imun melawan wabah Covid-19"

https://www.dailymail.co.uk/health/article-8118797/Proof-essential-wash-hands-properly.html 


No comments:

Post a Comment