Wednesday, April 22, 2020

Kenali Covid-19 yang Gejalanya Mirip Flu Biasa


Kenali Covid-19 yang Gejalanya Mirip Flu Biasa

Sudah hampir kurang lebih lima bulan lamanya dimulai akhir desember 2019 hingga bulan April 2020, hampir seluruh warga negara dunia saat ini dikejutkan dengan munculnya sebuah virus jenis baru yang menimbulkan ketakutan bagi banyak orang.
Karena penularannya yang bisa dibilang tidak terduga dimasa awal munculnya virus ini.

Adalah Virus Corona atau Covid-19.
Apa itu Covid-19 ?
Corona virus masih merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit ringan sampai berat, seperti common cold atau pilek dan penyakit yang serius lainnya seperti MERS dan SARS.
corona menyebabkan pneumonia atau infeksi yang memicu radang paru-paru.


Kasus pertama penyakit ini ditemukan di kota Wuhan, Tiongkok, China pada bulan desember tahun 2019 yang hingga saat ini akhir bulan April 2020 jumlah orang yang terjangkiti semakin meningkat jumlahnya dengan angka yang bisa dibilang sangat fantastis.

Badan kesehatan dunia WHO telah resmi menjadikan kasus Covid-19 ini menjadi pandemi global dengan kondisi darurat, mengingat penyebaran virus ini tidak hanya dijumpai di kawasan Asia saja, benua Eropa, Amerika dan Timur tengah juga banyak yang terinfeksi.

Covid-19 memiliki gejala yang sama dengan flu biasa, karena sama-sama menyerang saluran pernapasan.

Berikut perbedaan covid-19 dengan flu biasa.

Flu biasa
Virus penyebab flu berasal dari golongan rhinovirus, dan infeksi virus ini bisa terjadi sepanjang tahun dan paling sering menginfeksi dimusim hujan.

Rhinovirus

Flu biasa hanya menyerang saluran pernapasan bagian atas, yang umumnya menginfeksi bagian hidung dan tenggorokan.

Gejalanya seperti :
  • Batuk 
  • Bersin-bersin
  • Hidung tersumbat dan berair
  • Sakit tenggorokan
  • Sakit kepala ringan
  • Demam namun jarang terjadi

Gejala orang yang terjangkiti flu biasa akan mulai dirasakan setelah 1 - 3 hari terpapar virus dari orang yang sakit.

Covid-19
Bedanya dengan flu biasa, untuk kasus covid-19 disebabkan oleh virus dari golongan corona virus dan menyerang saluran pernapasan bagian bawah ( hidung - tenggorokan dan paru-paru ).

Gejala utamanya

  • Demam tinggi
  • Batuk
  • Sesak napas

Pada umumnya gejala lain yang ditunjukkan yaitu nyeri otot sehingga seseorang yang telah terinfeksi akan selalu merasa letih dan lelah.
Pada kasus yang parah akan terjadi komplikasi serius seperti sindrom gangguan pernapasan akut, pneunomia berat (infeksi paru-paru), dan kegagalan fungsi organ-organ tubuh.
Gejala yang lebih berat ini akan lebih sering terjadi pada kelompok lansia atau seseorang dengan kondisi medis tertentu, dan gejalanya akan mulai terlihat dalam jangka waktu 14 hari, agak lama memang dari gejala flu biasa.

Walaupun telah banyak memakan korban, kasus orang yang sembuh juga tidak kalah banyaknya, oleh karena itu sebaiknya kita tidak panik dalam menghadapi wabah global ini.
Jangan panik dan tetap mengikuti himbauan pemerintah untuk bersama memutus mata rantai penularan virus ini dengan mengurangi aktivitas kumpul di luar rumah untuk hal yang tidak terlalu penting.

 30 day Blog Ramadhan Challenge 2020
Day 1

https://www.alodokter.com/tampak-mirip-ketahui-beda-gejala-virus-corona-dengan-flu-biasa

No comments:

Post a Comment