Thursday, April 23, 2020

Lebih Peduli di Masa Pandemi Covid-19


Saat ini kita bersama sedang melalui masa-masa sulit dengan kadar kesulitan yang berbeda akibat pandemi covid-19.
Diantara kita saya yakin ada yang merasa biasa-biasa saja menjalani PSBB sebagaimana himbauan pemerintah untuk tetap #dirumahsaja, yang tidak merasakan kesulitan masalah keuangan yang berarti dan merasa baik-baik saja untuk bisa bekerja dari rumah saja.
Tapi tahukan kita cukup banyak masyarakat pekerja nonformal diluar sana yang sangat merasa kesulitan akibat pemberlakuan work from home saat ini.


Setelah membaca sebuah postingan sebuah berita diportal online, hati saya seketika merasakan kesedihan yang sedang dialami seorang pengemudi ojek online yang mengaku semakin kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari semenjak PSBB diterapkan.
Pak driver ojol tersebut mengaku kesulitan karena orderan drastis berkurang sedangkan Ia harus tetap menghidupi istri dan kedua anaknya yang masih balita, sedang pendapatannya saat ini hanya bisa mencukupi uang makan sehari dan membeli bensin.

Kesulitan yang dialami pak driver ojol diatas tentunya juga banyak dialami warga lainnya, kehidupan menjadi semakin sulit dan kemudian saya bertanya apa yang bisa saya lakukan membantu saudara kita yang sedang kesusahan.
Beberapa point berikut bisa menjadi solusi dalam membantu sesama selama masa pandemi saat ini.

1. Belanja kebutuhan secara online
Saat ini sangat banyak pilihan e-commerce untuk berbelanja berbagai macam kebutuhan cukup dari rumah saja.
Dengan menggunakan jasa ojek online disamping sang driver ojol bisa dapat orderan saat penumpang sepi seperti sekarang ini.

2. Tidak belanja berlebihan
Tidak sedikit warga yang kemudian menjadi panik dan belanja berlebihan dengan tujuan untuk menyetok kebutuhan pokok.
Seperti awal masa karantina diberlakukan banyak toko-toko yang kehabisan stok karena diborong dalam jumlah banyak seperti beras, gula, minyak goreng, dan masker merupakan barang yang sampai saat ini saya masih sedikit kesulitan menemukannya kalaupun ada harganya sangat melonjak naik.

Ada baiknya jika kita semua sadar bahwa hal demikian tentu akan menyulitkan saudara kita yang lain yang tidak mampu membeli dalam jumlah banyak sehingga disaat mereka butuh kalau bukan stoknya yang kosong, hatganya yang melambung tinggi sehingga sulit untuk mereka jangkau.

3. Bersama akan terasa lebih ringan

Bersedekah disaat kita juga sama-sama merasa kesulitan akan terasa lebih ringan jika dilakukan oleh banyak orang, walau hanya sedikit yang bisa kita sumbangakan jika dilakukan bersama akan terjumlah banyak.

Saat ini banyak dibuka kanal donasi untuk meringankan beban saudara kita yang merasakan sulitnya masa PSBB ini.
Selain itu, walaupun agak ricuh karena pembagiannya yang tidak sesuai data diharapkan bantuan sosial dari pemerintah akan lebih tepat sasaran.

4. Lebih peduli kepada sesama
Point terakhir yang kiranya dapat membantu sesama dimasa pandemi saat ini yaitu dengan lebih care atau lebih peduli kepada sesama, dengan mematuhi himbauan pemerintah untuk tidak bepergian ke luar rumah jika bukan untuk kepentingan yang mendesak.
Karena dengan bepergian akan lebih beresiko ditulari, bisa saja Anda sedang tertular berarti secara otomatis Anda juga sebagai carrier atau pembawa virus, jika daya tahan tubuh Anda bagus bisa saja Anda bisa sembuh dengan sendirinya tetapi bagaimana dengan anggota keluarga lainnya yang imun tubuhnua belum tentu sebaik imun tubuh Anda.

30 Day Ramadhan Blog Challenge
Day3




No comments:

Post a Comment