Sunday, April 26, 2020

Mengetahui Arti N95 pada Masker N95

Badan Kesehatan Dunia PBB atau WHO, mengumumkan masyarakat perlu mengenakan masker di tempat umum. Masker yang dimaksud yakni masker buatan sendiri maupun masker berbahan kain.
Sementara itu, WHO juga menyebut, masker bedah dikhususkan bagi para tenaga medis.

Yaa masker memang efektif melindungi diri kita dari penularan virus corona, dan untuk masyarakat biasa disarankan cukup hanya memakai masker berbahan kain saja sudah cukup.
Sedangkan para petugas medis harus memakai masker khusus seperti masker N95.


Akan tetapi saya cukup heran melihat masker jenis N95 sangat banyak diperjualbelikan secara online di facebook dan bisa ditebak siapa para pembelinya, hanya masyarakat biasa yang kebanyakan hanya ikut-ikutan sekalipun harganya sangat tidak masuk akal bagi saya, jenis masker ini tetap saja habis terjual.
Padahal banyak berita yang menjelaskan bahwa tim medis kekurangan masker khusus seperti masker N95 di beberapa rumah sakit dan melarang masyarakat biasa yang sehat untuk tidak menggunakan jenis masker N95 ini.

Masker N95 menjadi Alat Pelindung Diri (APD) yang sangat penting untuk mencegah penularan virus.

Menurut Food and Drug Administration (FDA), masker N95 termasuk jenis masker respirator. Artinya masker ini dirancang khusus untuk melindungi pernapasan dari partikel di udara yang sangat kecil.

Masker N95 merupakan masker sekali pakai dan dibagi menjadi tiga berdasarkan kemampuan mereka dalam menyaring udara, menahan air dan minyak, yang masing-masing diberi kode N, R atau P.
Kode 'N' artinya 'NOT' resistant to oil (tidak tahan minyak).
Kode 'R' artinya 'RESISTANT' to oil ( tahan terhadap minyak ).
Kode 'P' artinya oil 'PROOF' atau kedap minyak. 
Dan untuk angka '95' merupakan kode persen sejauh mana material masker tersebut bisa menyaring partikel. 
Angka '95' berarti masker respirator punya kemampuan menyaring 95 persen partikel udara. 

Kesimpulannya masker N95 merupakan masker yang bisa menyaring 95 persen partikel udara namun tidak tahan minyak, memiliki satu lapisan filter yang dapat menyaring partikel yang berukuran >0,3 mikron sehingga efektif menyaring virus hingga polutan.
Selain itu, masker ini juga dilapisi karbon aktif yang dirancang agar pas melekat dengan ketat pada area mulut yang akan membuat sedikit kesulitan bernapas, sehingga masker ini tidak dianjurkan digunakan oleh anak-anak, lansia atau yang memiliki masalah pernapasan.

30 Day Blog Challenge Ramadhan 
BPNetwork
Day 6

Sumber :
Gambar : liputan6.com, canva

https://m.detik.com/wolipop/health-and-diet/d-4991633/membaca-kode-n95-pada-masker-n95-yang-kini-langka-apa-artinya



No comments:

Post a Comment