Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ketahui Cara Memasak Nasi dengan Kompor Agar Nasi Lebih Pulen







Cara memasak nasi dengan kompor. Sudah hampir setahun lebih keluarga kami memakan nasi yang dimasak langsung dengan menggunakan kompor. Jadi ceritanya, pas ngidam anak kedua dulu, tiba-tiba Saya jadi tidak suka dengan aroma nasi yang baru saja dikeluarkan dari dalam rice cookerditambah suatu hari si bapak a.k.a suami juga suka protes ketika warna nasi sudah berubah agak kekuningan setelah dikeluarkan dari rice cooker, padahal belum ada satu hari setelah  dimasak (apa mungkin saya perlu ganti merk rice cooker dulu yaa supaya nasinya tidak seperti demikian, entahlah).

Dan sejak saat itu, jadilah pak suami mintanya kalau bisa nasi yaa dimasak langsung saja di kompor dan rice cooker pun saya gudangkan dulu. 

Yaa walau harus sedikit bersusah payah karena segala kepraktisan memasak nasi dengan rice cooker yang tinggal ceklak ceklek tombolnya itu sudah tidak kurasakan lagi, okelah tidak apa karena hasil memasak nasi langsung di kompor ternyata lebih baik dibanding hasil memasak nasi dari rice cooker milik saya itu. 

Sayapun berguru kepada ibu mertua bagaimana cara memasak nasi dengan kompor yang benar, maklum beliau tidak pernah masak nasi dengan rice cooker alasannya lebih suka nasi yang dimasak langsung saja dikompor, mungkin karena tinggalnya di kampung jadi beliau lebih suka yang natural saja, bahkan beliau terkadang masih sering masak nasi dengan menggunakan kayu bakar. 

Memasak nasi dengan kompor dapat dilakukan dengan menggunakan dua panci berbeda dengan langkah-langkah yang juga berbeda.

Memasak nasi dengan kompor bisa dengan menggunakan panci kukusan atau panci steamer dan atau menggunakan panci tanpa kukusan atau dandang (misalnya panci kastrol).

Memakan nasi memang sudah menjadi asupan karbohidrat favorit penduduk Asia, dibanding Gandum atau Kentang sebagai sumber karbohidrat lainnya. Makanan yang bernama latinkan Oryza Sativa ini ketika sudah dimasak dapat dikreasikan menjadi banyak menu seperti nasi goreng atau nasi bakar. 

Seiring dengan berkembangnya tekonologi memasak nasi pun sudah tidak seribet jaman sebelum ada rice cooker dulu. Praktis memang tapi bagaimana jadinya ketika terjadi padam lampu seharian, sedangkan rice cooker hanya bisa kita gunakan hanya dengan memanfaatkan tenaga listrik. 
Karena itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara memasak nasi dengan menggunakan kompor terlebih buat Generasi Alpha yang semakin dimudahkan dengan jaman serba teknologi sejak mereka lahir. 

Memasak Nasi dengan Menggunakan Panci Sejenis Panci Kastrol (Tanpa Kukusan/Dandang)


Panci kastrol / Panci Tanpa Dandang


Langkah pertama dan utama yaitu cuci beras terlebih dahulu, bisa dua atau sampai tiga kali terserah bagaimana dirasa bersihnya saja. Menurut sebagian orang mencuci beras jangan sampai airnya menjadi bening karena akan menghilangkan kandungan gizi di dalamnya, betul atau tidaknya saya kurang tau juga jadi ambil amannya saja yaitu seberapa bersihnya sesuai kebutuhan saja. 

Kemudian setelah beras dicuci, masukkan beras ke dalam panci dan takar air dengan menggunakan jari.
ketinggian beras dari dasar panci min setara dengan tinggi air dari permukaan atas beras. 
Langkah ini bisa disesuaikan dengan selera jika ingin nasi yang agak kering takaran airnya bisa sedikit dikurangi dan begitu juga sebaliknya. 

Atau juga bisa dengan memperhatikan tips menakar air seperti di bawah ini.

Menakar air


Setelah air ditakar dengan benar, kemudian nyalakan kompor, paling penting untuk diperhatikan ketika memasak nasi dengan kompor untuk selalu menggunakan api sedang biarkan panci tidak ditutup dulu karena airnya bisa meluap.

Langkah selanjutnya pastikan juga untuk mengaduk nasi yang sudah setengah matang, ditandai ketika airnya mulai mendidih dan sudah hampir habis. 

Bisa saja jika nasi tidak diaduk tinggal ditutup saja dan menuggu sampai matang, namun biasanya akan mengakibatkan bagian bawah yang dimasak bisa berkerak atau agak gosong, jadi sebaiknya nasi diaduk saat air rebusannya akan habis. 


Setelah diaduk dan air rebusannya habis baru kemudian panci ditutup, perhatikan apinya. 
Kecilkan api sedikit lagi dan menuggu 10 sampai 15 menit kemudian nasi akan matang dan siap dihidangkan. 

Memasak Nasi dengan Menggunakan Panci Kukusan/Steamer 

Panci Steamer / Panci Kukus


Jika menggunakan panci kukusan seperti gambar diatas, pastikan berasnya tidak memenuhi wadah kukusannya melainkan cukup setengahnya saja karena nantinya nasi akan mengembang dan airnya bisa meluap keluar. 

Penggunaan airnya juga perlu diperhatikan yaitu setinggi rata dengan beras dalam wadah kukusan, gunakan api sedang dan jangan lupa mengaduk nasi saat akan matang. 

Penting untuk selalu mengaduk nasi sesaat sebelum nasi matang baik menggunakan kompor atau rice ccoker selain membuat nasi lebih pulen juga agar sisa-sisa air yang terjebak dalam butiran nasi bisa menguap dan keluar hal ini juga akan menjaga nasi tetap awet dan tahan lebih lama. Sedangkan nasi yang tidak diaduk sesaat sebelum matang akan menyebabkan sisa-sisa air terperangkap cukup lama dalam nasi sehingga nasi jadi lebih cepat basi. 

Demikian cara memasak nasi dengan menggunakan kompor, baik itu menggunakan panci tanpa kukusan atau panci dengan kukusan. 

Semoga bermanfaat. 

Sumber Gambar :
Tokopedia.com
CNNIndonesia.com







Musdalifa Hamzah
Musdalifa Hamzah Blessed mom of 3 awesome kids. From Bulukumba Makassar

Post a Comment for "Ketahui Cara Memasak Nasi dengan Kompor Agar Nasi Lebih Pulen"

Berlangganan via Email