Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Asus VivoBook 14 A416 Semakin Positif dan Tangguh Belajar dan Bekerja Dari Rumah di Masa Pandemi

 

Asus Vivobook 14 A 416Semakin Positif Serta Tangguh Belajar dan Bekerja Dari Rumah di Masa Pandemi. Asus 14 A416 hadir untuk semua kalangan mulai dari pelajar hingga pekerja kantoran yang terpaksa harus melakukan kegiatan belajar dan bekerja secara daring. Mendukung berbagai kegiatan komputasi dengan penggunaan spesifikasi yang beragam dan dapat disesuaikan dengan kebututhan penggunanya. Dilengkapi berbagai fitur modern menjadikan laptop Asus 14 A416 ini sangat cocok buat kaum urban. 

Baiklah Belajar dari Dumah Diperpanjang

Akhir tahun 2020 yang lalu, sedikit ada angin segar saat Saya dipanggil ke sekolah si kakak (anak pertama saya) untuk menandatangani surat pernyataan persetujuan untuk melakukan pembelajaran secara tatap muka di sekolah pada awal Januari 2021 yang lalu. Itu berarti proses belajar mengajar akan kembali berlangsung di sekolah tentu dengan mematuhi sejumlah aturan protokol kesehatan. 

Akhirnyaaa profesi tambahan saya  sebagai guru di rumah mendampingi si kakak PJJ selama enam bulan belakangan ini yang rasanya nano-nano itu akan segera berakhir, kala itu pikir saya.

E... tapi sayang wabah itu entah mengapa yang awalnya sudah menunjukkan tanda-tanda akan segera berakhir, semakin mengganas saja dan kembali memakan banyak korban jiwa di banyak daerah di Indonesia bahkan dunia.

Akhirnya sejumlah daerahpun memberlakukan peraturan yang berbeda-beda dalam menangapi merebaknya kembali wabah ini, dan untuk wilayah Sulawesi Selatan sendiri tempat tinggal saya, berdasar dari surat keputusan Gubernur maka pembelajaran sistem daring atau PJJ diperpanjang hingga April 2021 nanti. 

Baiklah toh selama enam bulan belakangan ini, walaupun penuh banyak drama dan suka bikin pusing serta ribet di awal masa PJJ, ternyata makin kesini rasanya sudah tidak seribet dulu lagi. 

Jika semester lalu ditahun 2020, proses pembelajaran ada yang namanya luar jaringan (luring) dimana guru sekolah akan berkunjung ke rumah siswa, dan siswa yang tinggalnya berdekatan akan dikumpulkan untuk melangsungkan pembelajaran sekitar tiga jam lamanya.

Maka memasuki semester kedua metode PJJ nya lain lagi, kali ini tidak akan ada kunjungan guru-guru ke rumah (luring) lagi, pembelajaran murni dilakukan secara jarak jauh. 

PJJ dan Teknologi

Menurut UNESCO , lebih dari 91% siswa di dunia terdampak penutupan sekolah karena pandemi. Itu berarti kita tidak sendirian menghadapi situasi seperti ini. 

Dan tidak hanya di jenjang sekolah SD, SMP dan SMA, tingkat Universitas hingga para pekerjapun banyak yang menjalankan program belajar dan atau bekerja dari rumah. 

Jika untuk lingkungan kampus dan pekerja kantoran mungkin mereka lebih melek teknologi, tapi untuk ukuran seperti anak saya yang baru bersekolah di kelas 2 sekolah dasar yang tinggalnya di daerah maka banyak yang harus diberi pemahaman terlebih dahulu untuk pemahaman penggunaan teknologi baik itu murid maupun guru. 

Jika di kota-kota besar dan sekolah bonafide ditunjang banyak fasilitas yang memadai, maka tidak demikian yang terjadi di daerah-daerah. Menurut data Kemendikbud saja sekitar 60% guru belum bisa menggunakan teknologi untuk pembelajaran. Setidaknya dalam satu sekolah terdapat satu orang guru yang mampu menggunakan teknologi untuk metode pembelajaran online.

Bukan Hanya Murid, PJJ Juga Menjadikan Guru dan Orangtua Melek Teknologi Seketika

Namun dengan adanya pandemi ini guru-guru pun kini jadi lebih kreatif dan inovatif dalam memberikan pelajaran kepada murid dalam metode PJJ. Kabarnya guru yang lebih paham menggunakan applikasi e-learning membantu guru-guru lain agar juga paham menggunakan google meet, google classroom, google form hingga Zoom. Yang tadinya hanya upload tugas melalui Whatsapp sekarang sudah meningkat megajar melalui Google classroom, Zoom dan Google Meet. 

Selain itu, kesuksesan PJJ di rumah tentu juga tidak lepas dari peran orangtua dalam mendampingi anak saat kegiatan PJJ berlangsung, bisa mengarahkan anak untuk tetap duduk menyimak pelajaran dari gurunya melalui video teleconference baik itu zoom atau google meet ternyata belum cukup. Paling tidak orangtua paham bagaimana cara menggunakan google form atau google classroom agar anak tahu cara mengikuti pelajaran melalui class di google classroom. 

Mendampingi anak kelas 2 SD PJJ

Dibeberapa daerah bahkan para orangtua diundang untuk datang langsung ke sekolah untuk diberi arahan singkat mengenai penggunaan applikasi e-learning seperti google meet, google classroom, google form hingga Zoom. 

"Walau tinggal di daerah beruntungnya sebagai seorang blogger, yang sudah terbiasa mengisi data di G-form dan sering ikut webinar dengan menggunakan applikasi zoom, saya sudah tidak kaget lagi dengan applikasi e-learning yang banyak modelnya itu 😊"

Asus 14 A416 Dengan Fitur Dan Teknologi Terkini Untuk Berbagai Kalangan

Yang terjadi diawal-awal masa PJJ memang agak ribet dan berat yaa bahkan ada yang sampai tertekan dan stress, namun karena sudah berbulan-bulan lamanya kita jalani maka kini saatnya kita semua untuk bisa semangat kembali karena kita masih harus berjuang bersama menghadapi gelombang kedua wabah ini dengan terus berpikir positif agar tubuh tidak mudah drop dan tetap semangat seperti semangat gesit dan cepat yang hadir dalam laptop Asus 14 A416 ini. 

Memilih program atau software pada laptop yang mumpuni menjadi hal utama dan wajib yang mesti dilakukan, Salah pilih laptop karena speknya yang rendah maka akan menghambat segala kegiatan belajar dan bekerja. Seperti saat harus mengirimkan tugas secara cepat mulai dari kegiatan mengetik hingga mengirimkannya tentu membutuhkan program dan laptop dengan kinerja cepat dan performa tinggi seperti yang ada pada laptop Asus 14 A416. 

Spesifikasi Tangguh Asus 14 A416


Prosesor dan Grafis Generasi Terbaru 

Dibekali dengan prosesor intel®core™ i5 generasi ke-10 yang merupakan prosesor generasi terbaru, prosesor tipe i5-1035G1 yang merupakan varian tertinggi pada laptop Asus 14 A416 ini memiliki konfigurasi 4 core dan 8 thread, serta boos clock hingga 3,6 GHz. Konfigurasi dan kemampuan prosesor tersebut menjadikan Asus 14 A416 ini menjadi perangkat komputasi yang dapat diandalkan untuk berbagai kegiatan bekerja, menikmati konten multimedia hingga berinternet ria. 

Sedangkan untuk grafisnya sendiri dilengkapi grafis diskrit dari NVIDIA® GeForce MX330 untuk mendukung performa kinerja grafis ekstra, menjadikan laptop ini sebagai perangkat yang dapat diandalkan untuk berbagai kegiatan photo editing, video editing, hingga bermain game kasual. 

Perpaduan prosesor dan grafis terkini ini menjadikan Asus 14 A416 memiliki performa yang lebih cepat dan kencang menjalankan programnya, serta dapat menjalankan proses grafis seperti editing pada foto dan video dengan maksimal.

Dual Storage Berbasis SSD

Asus 14 A416 juga hadir dengan hardware yang beragam untuk memenuhi kebutuhan berbagai kalangan, 
utamanya pada jenis media penyimpanan serta memori yang digunakan.

Asus 14 A416 ini telah menggunakan memori DDR4 yang juga merupakan standar untuk laptop modern
yang dapat diupdate hingga 16 GB. 

Sedangkan Untuk penyimpanan, Asus 14 A416 ini mengandalkan dua jenis penyimpanan yaitu 2,5" SATA dan M.2 PCle dan untuk respons dan waktu load yang lebih cepat bisa dengan menginstal applikasi di SSD, 
sedangkan untuk menyimpan file besar seperti film, koleksi musik dan album foto bisa dengan menggunakan HDD.

Proses booting saat laptop baru dinayalakan juga tidak memakan waktu yang lama yaitu hanya sekitar 10 detik, laptop siap digunakan. Cocok sekali bagi pelajar atau para pekerja yang gak sabaran kerja tugas yang mepet deadline.  

Fitur Unggulan dan Modern Asus 14 A416


Laptop Ringkas Asus 14 A416 dengan Pre-installed Microsoft Office Home & Student 2019

Untuk pelajar dan pekerja yang sudah terbiasa dengan tugas yang banyak apalagi jika sudah mendekati deadline dan tugas harus dikirim secara cepat yang tidak memungkinkan untuk ditulis dengan tangan lagi, 
melainkan harus diketik di word atau excel, maka sudah selayaknya untuk mempertimbangkan menggunakan Microsoft Office Home & Student mulai dari sekarang. 

Microsoft Office Home & Student dapat menjadi program paling tepat untuk memenuhi segala kebutuhan komputasi baik pelajar maupun pekerja dengan dihadirkannya Mic Office Word, Excel, dan Power Point versi 2019 klasik yang dapat dimanfaatkan dalam mengolah data, menyimpan banyak ide, hingga membuat slide presentasi kerja. Pertimbangan tidak semua orang bisa menggunakan suatu program baru, maka Microsoft OHS sudah dirancang mudah digunakan agar ideal digunakan oleh siapa saja.

Untuk bisa menggunakan Microsoft OHS ini, Asus 14 A416 ini sudah dilengkapi dengan Microsoft Office Pre-Installed sehingga kita tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan lagi untuk membeli software office ini karena dipasaran harga software ini cukup mahal juga sih, selain itu laptop ini juga dilengkapi dengan satu buah kamera yang dapat diandalkan dalam kegiatan belajar maupun bekerja dari rumah . 

Tampilan Layar Makin Lega dengan Teknologi Nano Edge Display

Agar belajar dan bekerja lebih optimal, maka Asus membekali VivoBook 14 A416 ini dengan Layar Full HD 14" dengan resolusi 1920 pixel x 1080 pixel. Panel IPS nya memiliki view angel hingga 178 derajat dengan screen body to ratio 82%, maka laptop ini sangat cocok buat para pelajar saat harus berada lama di depan laptop mengerjakan tugas dan tetap merasa nyaman. 

Masih ada satu lagi nilai lebih layar yang dimiliki laptop ini yaitu adanya tambahan fitur anti glare atau anti silau yang akan meminimalisisr gangguan saat terkena cahaya lampu dirumah atau cahaya silau matahari saat berada diluar ruangan. Jadi saat merasa bosan mengerjakan tugas dengan suasana dalam rumah, boleh banget tuh lanjutin kerja tugasnya pindah ke teras halaman rumah yang ada tamannya sambil menikmati udara yang jauh lebih segar yang akan membuat pikiran jadi fresh lagi dan lanjutin kerja tugasnya jadi makin semangat.

Desain Kokoh

Laptop Asus 14 A416 ini hadir dengan dua pilihan warna Transparent Silver atau Slate Grey yang elegan dan mewah. Body laptop sendiri terbuat dari bahan logam dibeberapa bagian seperti pada chasis utama dan rangka layar untuk memperkuat keseluruhan konstruksi bodi laptop dan ditambah dengan adanya perlindungan ekstra untuk HDD bernama E-A-R HDD Protection menjadikan Asus 14 A416 ini memiliki konstruksi yang tangguh terhadap guncangan. 

Asus Vivobook 14 A416 memiliki dimensi panjang 32,45 cm, lebar 21,60 cm, dan ketebalan 1,99 cm.
Untuk beratnya sekitar 1,6 kg, dan chargernya juga sangat ringkas cocok untuk dimasukkan berbagai ukuran kompartmen dalam tas. Sehingga dengan bobot tersebut laptop ini sangat ringkas dan mudah untuk dibawa kemana-mana, serta ukurannya yang sangat ringkas membuat laptop ini mudah dimasukkan kedalam tas.

Finger Print Sensor

Dengan adanya sensor sidik jari bawaan di touchpad dan Windows Hello, kita tidak perlu mengetikkan kata sandi setiap akan mengakses laptop, melainkan hanya dengan satu sentuhan laptop sudah bisa digunakan kembali. Fitur ini sangat cocok bagi pelajar atau pekerja yang memiliki kinerja kerja yang cepat

Keyboard Backlit dan Numberpad

Keyboard full size dengan keytravel yang sangat pas dengan jarak 1,44 mm dengan backlit LED yang akan membuat keyboard tidak gelap saat mengetik di tempat gelap sekalipun. See sangat menunjang keefektifan kita dalam bekerja bukan, disaat harus begadang sampai pagi kerja tugas.

Serta adanya Numberpad pada touchpad membuat urusan ketik mengetik angka jauh lebih mudah, cocok banget nih saat mengerjakan tugas mata pelajaran matematika atau akuntansi yang menggunakan angka yang banyak. Jadi untuk mengaktifkan fitur ini cukup ketuk ikon panel sentuh untuk mengubah panel menjadi panel angka yang diterangi cahaya LED. 

Konektivitas 

Untuk urusan konektivitas, Asus 14 A 416 memiliki Wi-Fi 5 (802.11 ac) yang merupakan standar WiFi berkecepatan tinggi yang kecepatannya mampu mencapai 1,3 Gbps, dimana 802.11ac menawarkan sejumlah perbaikan dan peningkatan performa dibanding 802.11n atau sebelumnya. 

Asus 14 A416 juga dilengkapi dengan Bluetooth 4.1, versi ini dapat mengelola daya lebih baik atau lebih hemat daya dinading Bluetooth versi 4.0 yang dapat secara otomatis menghidupkan dan mematikan koneksi bluetooth sesuai dengan power plan. 

Sebagai laptop yang disasarkan kepada semua kalangan, utamanya pelajar dan pekerja maka sudah tentu proses input-output pada perangkat merupakan hal yang sering dilakukan. Misalnya saat harus menyimpan file, mengunduh file, mengirim file hingga saat mempresentasikan slide presentasi. 

Dan Asus 14 A416 memiliki Port Input/Output yang lengkap untuk memudahkan saat menghubungkan berbagai perangkat pada laptop. Terdapat port USB Type-C 3.2 , USB Type-A 3.2, Usb 2.0, HDMI, Micro SD Card Reader, Audio Combo Jack, Kensington lock, dan input DC-IN. 

Fitur My Asus Terhubung Dengan Smartphone Lebih Mudah

My Asus merupakan applikasi bawaan yang juga merupakan pusat kontrol untuk laptop Asus. Melalui fitur ini, sangat memungkinkan untuk memantau status laptop sekaligus membantu troubleshoot permasalahan, membantu mengoptimalkan performa produk, mengatur ulang software Asus dan membuat recovery drive.  
My Asus juga dapat memindai sistem laptop, menemukan masalah hingga memperbaikinya secara otomatis, memperlihatkan status garansi perangkat serta fasilitas untuk menghubungi layanan konsumen Asus, nah bagaimana canggih bukan fitur yang dihadirkan dalam Asus 14 A 416 ini. Dan yang paling menarik dari My Asus yaitu Link to My Asus yang menghubungkan smartphone sehingga pengguna dapat lebih produktif lagi melakukan berbagai kegiatan dengan menggunakan fitur ini. Link To My Asus juga berfungsi untuk menampilkan pesan dan notifikasi dari smartphone ke layar laptop, melakukan panggilan langsung ke laptop, fitur ini menjadikan smartphone sebagai layar kedua dari laptop. 

Spesifikasi Asus VivoBook 14 A416

Main Spec

VivoBook 14 A416

Layar

14.0” (16:9) LED Backlit FHD (1920x1080) IPS Anti Glare

14.0” (16:9) LED Backlit FHD (1920x1080) Anti Glare

14.0” (16:9) LED Backlit FHD (1366x788) Anti Glare

CPU

Intel®Core™ i5 1035G1 Processor 1.0 GHz (6M Cache, up to 3.6 GHz)

Intel®Core™ i3 1005G1 Processor 1.2 GHz (4M Cache, up to 3.4 GHz)

Intel®Celeron N4020 Processor 1.1 GHz (4M Cache, up to 2.8 GHz)

GPU

NVIDIA GeForce MX350 (optional)

Intel UHD Graphics

Memory

4GB DDR 4 RAM

Operating System

Windows 10

Penyimpanan

 

1 TB 5400 rpm SATA HDD

256 GB PCle® Gen3 x2 SSD

512 GB PCle® Gen3 x2 SSD

1TB HDD + 256 GB SSD

Konektivitas

 

Wi-Fi 5 (802.11 ac)

Bluetooth 4.1

Camera

VGA Web Camera

I/O

 

1 x USB Type-C 3.2

1 x USB Type-A 3.2

2 x USB 2.0

HDMI

Micro SD Card Reader

Audio Combo Jack

Kensington lock

DC-IN

Baterai

37 WHrs, 2S1P, 2-cell Li-ion

Keyboard

Travel size

Audio

 Asus SonicMaster Technonlogy

Dimensi dan Berat

Panjang 32,54 cm

Lebar 21,60 cm

Ketebalan 1,99 cm 

Berat 1,6 kg

Warna

Transparant Silver dan Slate Gray

included

My Asus


Harga Asus 14 A416

Untuk kisaran harga laptop Asus 14 A416 ini dari spek terendah yaitu Rp. 7.799.000,- dan untuk spek tertingginya berkisar dari harga Rp. 10.799.000,-

Dan untuk mendapatkan produk ini sudah bisa dijumpai di berbagai e-commerce favorit Anda.

Alasan Untuk Selalu Memilih Produk Asus

Asus selalu menghasilkan produk dengan inovatif yang selalu membuatnya lebih unggul dan lebih berkualitas. 

Sudah banyak prestasi dan penghargaan yang diraih oleh Asus sebagai perusahaan terdepan dan paling inovatif di dunia. Pada tahun 2019, berdasarkan riset dari GfK (perusahaan riset pasar terbesar di dunia) menyebutkan, bahwa total penjualan perangkat komputasi di Indonesia mencapai 1,841 juta unit dan ASUS Indonesia menguasai 40,4 persen dari total penjualan unit tersebut.

Dan di tahun 2020 Asus juga merupakan salah satu perusahaan yang termasuk dalam daftar World’s Most Admired Companies dari majalah Fortune dan berdedikasi untuk menghadirkan berbagai jenis produk yang  komprehensif seperti Zenbo, ZenFone, ZenBook dan rangkaian perangkat IT serta komponen lain, termasuk AR, VR dan IoT.

Ketangguhan produk keluaran Asus sudah tidak diragukan lagi dalam menghasilkan perangkat cerdas terbaik, jadi jangan sampai salah pilih perangkat yang paling cocok sesuai dengan kebutuhanmu untuk menunjang kesuksesanmu, percayakan selalu pada Asus !







Musdalifa Hamzah
Musdalifa Hamzah Blessed mom of 3 awesome kids. From Bulukumba Makassar

Berlangganan via Email