Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jangan Panik Begini Cara Mengembalikan Uang ATM Yang Tidak Keluar

Ilustrasi penggunaan mesin ATM

Jangan panik ini dia cara mengembalikan uang ATM yang tidak keluar. Kesalahan teknis bisa terjadi kapan saja dan oleh siapa saja, kira-kira seperti itu saya menggambarkan kejadian yang baru saja saya alami. 

Ketika uang yang rencananya akan saya tarik dari mesin atm ternyata tidak keluar-keluar juga, padahal sudah terdengar suara khas ketika mesin ATM akan mengeluarkan uang setelah mengetikkan jumlah nominal uang yang akan ditarik.

Dan setelah menunggu beberapa saat, ternyata yang ditunggu-tunggupun tak kunjung keluar juga dan struk pun juga tak keluar yang ada malah kartu atm saya tiba-tiba saja keluar sendiri seakan telah selesai mengerjakan tugasnya.

Sayapun bengong sendiri di depan mesin atm untuk beberapa saat, dan antrian beberapa orang di belakang sayapun tiba-tiba beranjak pergi seakan mengetahui kalau ada yang salah dengan mesin ATM di depan saya itu dan memilih untuk tidak menggunakan mesin atm yang ada troublenya itu.

Saya pindah ke mesin ATM sebelah untuk mengecek saldo dan yaap saldo saya berkurang.

Saya celingak celinguk mencari Pak satpam, untuk menanyakan kejadian barusan tapi ternyata tidak ada satpam di ATM Center itu.

Saya terus mencoba tenang, tidak panik dan berfikir positif berusaha menenangkan diri sendiri, barangkali uang saya nyangkut ditengah mesin atm hehehe, kemudian dengan harap-harap cemas sayapun menunggu jika ada orang lain yang menggunakan atm itu untuk menarik uang juga, dengan harapan uang yang keluar itu ada lebihnya dan itu berarti uang lebih itu milik saya (iyaah segitunya)

Setelah agak cukup lama menunggu datanglah seorang ibu muda yang akhirnya menggunakan atm itu, sayapun memperhatikan dari jarak beberapa meter dan ternyata si ibu muda itu hanya melakukan transfer, cek saldo dan pergi.  

"Karena terburu-buru sayapun memutuskan meninggalkan mesin atm itu dengan banyak tanya dibenak saya, apa iya saya ikhlaskan saja, tapi kan sayang juga." 

Setelah tiba di rumah saya menceritakan kejadian di ATM center itu pada suami dan beliau dengan tenang mengatakan "Oo...kejadian seperti itu biasa terjadi mungkin uang di mesin ATMnya habis, coba mama cek sebentar setelah 1 x 24 jam, Insya Allah uangnya kembali"

Setelah 1 x 24 jam saya cek ternyata uang saya tidak kembali, dan sore harinya saya cek lagi di ATM bank BRI cabang dekat rumah ternyata masih nihil, kemudian saya tanyakan pada pak satpamnya, oleh pak satpam saya disuruh datang langsung besok dengan membawa KTP, kartu ATM dan buku tabungan untuk memprosesnya di cs BRI agar uang saya bisa kembali. 

Persiapkan KTP, Kartu ATM dan Buku tabungan


Dan akhirnya setelah ditangani sama mba cs keesokan harinya, ternyata saya masih harus menunggu 10 hari sampai uang saya kembali, pikir saya tidak apa yang penting ada kejelasan kalau uang saya itu akan kembali.

Jadi intinya disini saya hanya ingin menyampaikan bahwa saat terjadi sesuatu dengan transaksi yang kita lakukan dengan mesin ATM, tetaplah untuk tenang dan jangan panik berlebih agar pikiran kita bisa berpikir dengan jernih dan bisa menemukan solusi yang tepat.

Kejadian yang saya alami hanya sebagian dari banyak masalah yang bisa kita jumpai saat bertransaksi dengan mesin ATM, masalah lain yang lebih parah lagi yaitu saat kartu ATM tertelan mesin ATM atau kejadian salah transfer, waah kalau yang itu sungguh dibutuhkan ketenangan ekstra. 

karena setau saya kejadian salah transfer itu, ujung-ujungnya adalah meminta persetujuan pihak penerima salah transfer tersebut untuk mengembalikannya, karena itu kita harus lebih teliti lagi saat bertransaksi dengan alat elektronik yang berhubungan dengan masalah keuangan seperti ATM maupun menggunakan applikasi banking. 

Terima kasih sudah membaca dan semoga bermanfaat .



Musdalifa Hamzah
Musdalifa Hamzah Blessed mom of 3 awesome kids. From Bulukumba Makassar

Berlangganan via Email