Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Let's Read Membaca Nyaring Bersama Anak Jadi Lebih Menyenangkan

Let' Read

Let's Read kegiatan membaca nyaring bersama anak jadi lebih menyenangkan. Sejak dikaruniai anak pertama, saya sudah sering membacakan anak saya buku cerita bergambar yang dibarengi dengan suara dan berekspresi layaknya pendongeng yang sering saya saksikan di tv yang kemudian saya baru mengetahui bahwa cara membaca saya itu dinamakan teknik membaca nyaring.

Dan terlihat sekali jika anak saya lebih menyukai buku cerita bergambar dibanding buku yang hanya berisi tulisan saja.

Media bergambar dalam hal ini buku cerita bergambar memang memegang peranan yang sangat penting dalam proses belajar anak sebab selain disukai anak media gambar dapat memperlancar pemahaman dan memperkuat ingatan anak.

Gambar juga dapat menumbuhkan minat anak akan isi materi bacaan dengan dunia nyata.

Bisa dikatakan bahasa gambar adalah bahasa alam pikir anak, dimana semua informasi yang diterima akan dipikirkannya dalam bentuk konkret, bentuk yang sesuai dengan pemikirannya sendiri.

Media gambarpun sangat beragam, berdasarkan literatur yang pernah saya baca gambar yang baik memiliki ciri-ciri seperti berikut :

  • Sederhana dan tidak terlalu rumit, sehingga anak akan mendapatkan gambaran yang pokok. Jika gambar telalu kompleks, perhatian anak akan terbagi.
  • Realistis, maksudnya gambar itu seperti benda yang sesungguhnya atau sesuai dengan apa yang diilustrasikan
  • Gambar dapat diperlakukan dengan tangan

Membaca Nyaring atau Reading A Loud

Membaca nyaring ternyata juga memiliki banyak manfaat dan setelah mengetahui banyak manfaatnya, saya berusaha untuk merutinkan kegiatan membaca nyaring diwaktu anak terlihat bosan dengan permainannya atau saat anak mulai saling menjahili satu sama lain.

Adapun manfaat utama membaca nyaring yaitu 
"membuat anak senang membaca, bukan bisa membaca"
Membaca nyaring dapat membantu anak belajar membaca, karena saat membaca nyaring anak akan melihat contoh cara membaca dan juga memberikan anak pengalaman membaca menyenangkan yang berdampak pada kemauan anak untuk belajar membaca. 

Manfaat membaca nyaring :
  • Memberikan pengalaman membaca yang menyenangkan yang berdampak pada kemauan anak untuk membaca
  • Memberi informasi dan membangkitkan rasa ingin tahu pada anak
  • Anak mendapatkan unsur-unsur yang dibutuhkan anak untuk belajar membaca seperti pengetahuan abjad, bunyi bahasa/fonem/kosakata
  • Anak akan menjadi terampil berbicara dan mendengar
  • Anak menjadi imajinatif dan kreatif
  • Anak peka dengan keadaan sekitar
  • Anak menjadi terampil membaca dengan memahami apa yang dibaca dan menuliskan struktur cerita
  • Anak akan menjadi senang akan kegiatan membaca bersama ibu
Tidak jauh berbeda dengan manfaat membaca nyaring dari situs republika

Gambar : Republika.co.id


Agar Membaca Nyaring Menarik Bagi Anak

Menurut Roosie Setiawan, seorang pegiat literasi 
"Untuk bisa membaca nyaring dengan baik, kita tidak perlu menjadi pendongeng profesional, cukup baca sesuai dengan gaya Anda"
Agar kegiatan membaca nyaring dapat maksimal ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya yaitu ;

  • Pilih buku cerita yang menarik bagi anak dan dapat dinikmati oleh anak dan juga bagi ibu
  • Pilih alur yang menarik dari segi dialognya, petualangannya, hingga ketegangannya
  • Materi buku cerita disesuaikan dengan usia dan latar belakang anak
  • Sebelum membaca buku cerita, bacalah berkali-kali buku yang akan dibacakan pada anak sehingga kita terbiasa dengan ilustrasi dalam cerita

Sebagai pegiat membaca nyaring, mbak Roosie juga memberikan tips atau tahapan dalam membaca nyaring agar kegiatan membaca nyaring menarik bagi anak. 

Tahap 1 

Persiapan, rencanakan tujuan membaca, baca buku terlebih dahulu sebelum dibacakan dengan maksud kita sudah ada gambaran dan sudah bisa memprediksi ekspresi yang akan digunakan saat membaca nyaring di depan anak, siapkan pertanyaan untuk berinteraksi, menyiapkan alat peraga bila ada

Tahap 2

Sebelumtunjukkan sampul buku/hadapkan buku pada posisi yang gampang diliat anak, perlihatkan sampul buku sebut judul, pengarang hingga ilustrator

Tahap 3

Saat membaca, beri gambaran singkat cerita , ajak anak membuat prediksi cerita apa kira-kira yang akan dibaca, gali pendapat anak terkait buku yang akan dibaca pancing anak untuk berfikir. 

Tahap 4

Setelah membaca, dorong anak untuk bertanya atau ajukan pertanyaan dan pendapat anak, minta anak untuk menceritakan kembali dengan bahasanya sendiri

Setelah kegiatan membaca nyaring selesai, letakkan bucu bacaan di tempat yang mudah dijangkau oleh anak, agar anak dapat beraktifitas sendiri dengan buku.

Membaca Nyaring Bersama Let's Read


Sebagai orangtua tentu kita semua sepakat bahwa anak kita sekarang merupakan generasi penerus dimasa yang akan datang dan untuk membentuk generasi yang unggul, berprestasi dan maju tentu ada banyak kebutuhan anak yang harus terpenuhi dengan baik, salah satu diantaranya yaitu hak anak untuk bisa tumbuh dengan baik dan memperoleh pendidikan yang layak. 

Hal ini merupakan sesuatu yang legal dan diundang-undangkan dalam banyak pasal.

Dan peringatan hari anak merupakan salah satu bentuk kepedulian bangsa terhadap anak Indonesia agar dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. 

Salah satu caranya yaitu dengan menjadikan keluarga sebagai wadah pertama dan utama dalam memberikan perlindungan dan memberikan hak anak agar tumbuh menjadi generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas, ceria, berakhlak mulia dan cinta tanah air. 

Anak saya yang masih berusia dua tahun suka sekali membolak balikan halaman buku pelajaran milik  kakaknya, walau hanya sekedar melihat-lihat isi buku sambil menunjuk-nunjuk gambarnya hingga berceloteh sendiri, sungguh pemandangan itu terlihat sangat lucu dan menggemaskan.

Rasa ingin tahunya menjadi semakin besar begitu juga dengan kemampuan bicaranya, saat anak mampu menyimak dengan baik cerita yang dibacakan dengan kegiatan membaca nyaring yang sering kami lakukan.

Karena mengetahui begitu banyak manfaat dari bercerita dengan suara nyaring, rasanya pas sekali jika kegiatan membaca nyaring dengan menggunakan applikasi cerita bergambar yang sangat disukai oleh anak-anak saya, yaitu Applikasi Let's Read.

 


Let's read merupakan sebuah applikasi kumpulan cerita bergambar elektronik yang mudah penggunaannya, terdapat banyak pilihaan label atau tema bacaan yang dapat dipilih, banyak pilihan bahasa, serta bacaan dengan enam tingkatan level kesulitan yang bisa disesuaikan sesuai usia anak.

Gambar-gambar dan tulisan yang ada pada Let's Read juga dapat merangsang proses berpikir daya imajinasi dan kreatifitas anak.

Let's Read diprakarsai oleh Books for Asia dari The Asia Foundation yang bertujuan menumbuhkan minat baca sejak dini pada anak di Asia. Hebatnya lagi, Let's Read fokus pada bahasa daerah dan konten lokal yang dikembangkan melalui lokakarya melalui kerja sama dengan para pakar buku anak setempat. Semua koleksi gambar dan ceritanya dapat diunduh atau dicetak dan tentu saja gratis.  


Untuk mengunduh applikasi let"s read dengan mengklik tautan berikut 
Musdalifa Hamzah
Musdalifa Hamzah Blessed mom of 3 awesome kids. From Bulukumba Makassar

Post a Comment for "Let's Read Membaca Nyaring Bersama Anak Jadi Lebih Menyenangkan"

Berlangganan via Email