Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Alasan Utama Saya Menulis di Blog

BLOG

5 Alasan Utama Saya Menulis di Blog. Dulu saya suka sekali menulis banyak kegiatan saya di buku diary sejak masih SMP,  dan setelah menjadi Mahasiswa saya masih suka menuliskan banyak jadwal dan kegiatan saya namun bukan di diary lagi tapi rasanya lebih keren saja jika ditulis di buku-buku jurnal saya.

Kalau dibuku diary isinya kebanyakan curhat ala-ala anak sekolahan nah di buku-buku jurnal saya lebih suka menulis to do list dan rencana-rencana kegiatan saya seminggu penuh.

Memasuki masa-masa menjadi ibu rumah tangga yang Masyaallah kerjaannya seperti tidak ada habisnya, maka menulis kemudian menjadi pelarian saya untuk tetap 'waras' ditengah kesibukan saya mengurus rumah, anak dan suami. 

Entah apa jadinya jika saya tidak banyak menulis, apa lagi saya tipikal orang yang tidak terlalu suka ngumpul sambil bahas sesuatu yang tidak penting bagi saya. Bukan bermaksud sok sibuk sendiri atau sombong tetapi memang sayanya saja yang kadang malas dan lebih senang melakukan kegiatan seperti menonton film/drakor ditambah pekerjaan rumah yang terkadang tidak ada habisnya bagi saya itu sudah sangat menyita waktu saya. 

Selain itu saya sadar kalau saya bukan tipikal orang yang banyak bicara jadi mungkin saya sering dianggap gak asik buat kumpul dengan orang yang bukan sahabat karib saya.

5 Alasan Utama Saya Menulis di Blog

Sensasi plong ketika selesai menulis. 

Sebagai emak-emak dua kegiatan yang selalu bisa meredakan tingkat stres saya salah satunya yaitu menulis, selain itu adalah membuat kue (emak-emak banget yaah). Ada rasa bahagia tiap kali saya bisa bercerita panjang lebar di blog saya, seperti saat ketika saya baru saja mengunjungi tempat wisata baru dan menurut saya sayang jika tidak segera diketahui oleh orang lain.

Menambah Nilai Diri

Mungkin karena saya suka membaca kemudian saya juga jadi suka menulis. Saat masih jadi mahasiswa dulu saya sempat beberapa kali ikut dalam lomba karya tulis ilmiah walau tak satupun yang menang tapi saya menikmati semua prosesnya tanpa terbebani akan dapat juara berapa. Saya pernah membaca pernyataan bawa mempelajari skill baru akan membuat kapasitas diri bertambah dan jika kita berhasil mempelajari kemampuan baru maka akan terbuka kesempatan lainnya. 

"Want to be happier? Learn something new"

Semua pengalaman menulis saya selalu memberi kesan bagi saya, seperti saat melakukan interaksi atau wawancara langsung dengan masyakat ke lokasi bahan kajian materi lomba. Saat saya harus berinteraksi langsung dengan warga yang tinggal di permukiman kumuh nelayan atau pernah juga dengan masyarakat yang tinggal di Tempat Pembuangan Akhir Sampah di kota Makassar. 

Sungguh semua itu menjadi pengalaman yang sangat berkesan bagi saya pribadi. 

Menjaga Wawasan Agar Tetap Melek Teknologi

Berkat aktif di dunia blogger saya jadi paham penggunaan hal-hal yang berbau teknologi kekinian. 

Contohnya saat saya bisa mengedit desain sederhana melalui applikasi Canva yang dimix dengan banyak gambar gratis berkualitas baik salah satunya yang paling sering saya pakai yaitu pixabay, semua proses belajar itu selalu memicu saya untuk memikirkan ide-ide baru dengan proses yang menyenangkan. 

Menjadi bagian dari Banyak Komunitas Blogger yang Keren-Keren

Sampai saat ini saya hanya fokus di tiga komunitas blog saja, karena saya pernah bergabung dibanyak komunitas blogger namun saya ternyata kewalahan dan sering tidak ikut saat ada challenge atau eventnya.

Jadi saya putuskan agar fokus ditiga komunitas blogger saja untuk saat ini. 

Menambah Penghasilan 

Nah alasan yang terakhir ini itu sungguh diluar ekspektasi saya saat awal-awal menulis di blog. Saya ingat sekali dengan tawaran kerjasama pertama saya, yaitu tiba-tiba saja nomor WA saya sudah dimasukkan ke dalam grup WA sabun mandi cair yang wanginya seperti mandi parfum itu ( yang tau berarti kita satu komunitas blog hehe) oleh komunitas blog tempat saya bergabung. Senangnyaaa minta ampun dapat kiriman paket produk sabun mandi lengkap dengan shower puff dan handuk kecenya itu buat direview diblog. 

Semenjak itu saya jadi semakin percaya diri dan semangat lagi menulis di blog, sampai saya memberanikan diri untuk ikutan lomba blog walau belum pernah dapat juara utama tapi saya sudah senang sekali saat dinyatakan lolos menjadi 35 besar finalis lomba blog Generasi Digital yang diadakan oleh Bank Sentral Republik Indonesia 'Bank Indonesia', karena jika saja bukan karena pandemi covid-19 yang menghalangi tentu saja saya sudah berada di Jakarta mengikuti serangkaian kegiatan seperti yang selalu diadakan oleh Bank Indonesia seperti tahun-tahun sebelumnya.

Selain itu saya juga pernah mendapat apresiasi saat mengikuti lomba blog SEO yang saingannya para mastah SEO. Berbekal ilmu SEO dari komunitas blog yang saya ikuti. 

Jadi Intinya Menulis diblog itu ternyata sangat menyenangkan, walau jam terbang saya belum banyak tapi dengan konsisten saya yakin bisa betah di dunia ini. 

Satu nasehat dari seorang blogger senior yang selalu menginspirasi saya yaitu Menulis saja dulu walau tulisanmu agak aneh dibaca, suatu saat nanti kamu akan menemukan ritme yang tepat dan gaya tulisanmu akan membaik seiring berjalannya waktu dengan selalu berlatih dan dibiasakan. 

BPN 30 DAY RAMADHAN BLOG CHALLENGE
DAY 2












Musdalifa Hamzah
Musdalifa Hamzah Blessed mom of 3 awesome kids. From Bulukumba Makassar

Post a Comment for "5 Alasan Utama Saya Menulis di Blog"

Berlangganan via Email