Monday, March 25, 2019

Tontonan anak sarat nilai kebaikan ; Nusa dan Rara


Sumber : Pinterest
Dimasa Emas tumbuh kembang anak atau Golden age merupakan masa penting  bagi anak diusia 1 sampai 5 tahun, dimasa ini otak dan fisik anak sedang berkembang dengan pesat, dasar kemampuan seperti respon, cara berfikir, dan semua kemampuan manusia mulai terbentuk pada masa ini.
 Dimasa ini anak akan mudah sekali menyerap dan mepraktekan apa yang mereka lihat dan dengar. Sangat penting bagi orangtua untuk mengarahkan anak yang notabene belum bisa membedakan mana yang baik dan buruk bagi mereka. Seperti kejadian beberapa waktu yang lalu, Saya sempat terkejut ketika anak saya yang nomor dua usia 4 tahun pegang rambut mamanya sambil bilang "Rontok sampai ke ujung",
what !! Sontak saja saya kaget dan merasa lucu dengan yang barusan dia ucapkan. Emang sih rambut saya sedikit rontok, tapi apa iya saya pernah mengajarkan anak saya kata-kata seperti barusan yang dia ucapkan.
Sayapun hanya tertawa dan kemudian sibuk sendiri lagi.
Tidak lama kemudian waktu nonton tv sama anak, pas iklan anak saya cekikikan sambil menunjuk ke tv 
"Mah, rontok sampai ke ujung" 
Oh ternyata begitu besar pengaruh iklan membekas diotak anak saya ini, sebuah iklan yang tayang tidak lebih dari satu menit itu ternyata terekam dengan baik diotak anak saya dan benar saja kalau otak anak itu seperti spons atau busa yang dapat menyerap apa saja dengan cepat.
 Sebagai salah satu sarana yang paling akrab dengan anak dan sekaligus menjadi sarana anak mendapatkan informasi yaitu Televisi, sama saja halnya dengan gadget seperti smartphone ada banyak kebaikan dan keburukan yang ditawarkan, tinggal manusianya sendiri bagaimana lebih bijak lagi dalam mengawasi tontonan anak.

Sumber : Pinterest

 Di negara kita sendiri, tidak sedikit tontonan anak yang asalnya dari luar negeri. Sebagai contoh, tontonan saat ini yang sangat dikenal anak ada Doraemon, Ultraman, Masha and the Bear, Upin dan Ipin, Spongbob Square Pants, Tayo The Little Bus, The Little Pony, film-film produksi Disney, Pixar dan masih banyak lagi dan bagaimana dengan kualitas tontonannya, ada yang sarat nilai edukasi namun ada juga sekedar hiburan bagi anak.
  Indonesia sebetulnya juga punya cukup banyak tontonan anak usia balita yang mendidik cuma karena tidak seterkenal tontonan impor barusan.
 Ela dan Elo, Diva the series, Syamil dan Dodo adalah contoh tontonan balita karya negeri kita, tapi saya yakin pasti sedikit sekali yang mengenalinya karena masa tayang film-film ini sangat sebentar sekali di stasiun-stasiun televisi.
  Ditengah kegalauan saya melihat tontonan balita yang sedikit sekali memiliki nilai edukasi dan sarat nilai islami, ada sedikit harapan dengan hadirnya tontonan balita yang masih fresh baru launching November tahun lalu, namanya "Nusa dan Rara".
Nusa dan Rara bareng dubbernya


Nusa dan Rara merupakan kakak beradik yang bisa dibilang kekinian, bisa dilihat dari teaser awalnya mereka sedang bergaya di depan kamera seperti gaya vlogger. Karya anak bangsa ini mendapat dukungan promosi dari Uztad felix dan aktor ganteng Indonesia, Mario  irwinsyah.


Kesan pertama menonton film ini yaitu lucu dan menggemaskan, film ini sangat kaya akan nilai akhlak dan moral yang seharusnya didapatkan anak sejak usia dini. Dengan gaya dan bahasa yang mudah diterima anak-anak khususnya yang masih balita. Anak saya suka sekali bahkan suka diulang berkali-kali.  Sayangnya tontonan ini belum bisa kita tonton di tv nasional, untuk saat ini hanya bisa ditonton melalui akun media sosial seperti youtube dan instagram. 
 Harapan saya sebagai seorang ibu yang memiliki anak yang saat ini suka sekali menirukan apa yang dia lihat, semoga tontonan ini bisa menjadi contoh untuk anak saya dalam melakukan banyak kebaikan. Contoh paling sederhana, makanan yang masih panas baiknya jangan ditiup lebih baik dikipas sesuai dengan anjuran Nabi Muhammad saw, betul-betul dipraktekan anak-anak saya, malah mamanya yang keseringan tiup makanan panas langsung diingatkan sama anak. Mantap deh Nusa dan Rara, semoga Tontonan ini terus berkembang sampai beribu-ribu episode, Aamiin. 


2 comments:

  1. Jngankan untuk anak kecil, aku yg udah gede aja nih suka banget nonton nusa and rara hahaha. Habisnya mendidik banget itu serial.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul, bakalan saingan sama Upin ipin nih, salam kenal.

      Delete