Tuesday, May 14, 2019

7 Bahan Alami Untuk Menghilangkan Jerawat

Jerawat memang masalah besar bagi siapa saja, baik itu wanita maupun pria.
Kehadiran satu jerawat saja diwajah akan mengganggu penampilan dan membuat tidak percaya diri.
Sebetulnya apa penyebab sehingga jerawat bisa muncul diwajah kita.
Jerawat tidak muncuk begitu saja diwajah kita yah kawan, beberapa hal dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat.

Picture : liputan6.com

Pengaruh Hormon,
masa pubertas akan dilalui setiap manusia karena hal ini merupakan sesuatu yang normal.

Malas membersihkan wajah, setelah beraktivitas seharian, apalagi diluar ruangan menjadi wajib untuk mencuci wajah dengan sabun cuci wajah yang sesuai dengan tipe kulit kita. Debu dan kotoran yang menempel selama beraktivitas jika tidak dibersihkan akan menimbulkan jerawat di kulit wajah, demikian juga dengan sisa make up.

Makanan yang dikonsumsi, menurut penelitian para ahli, terbiasa mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak dan gula yang tinggi, seperti gorengan dan minuman bersoda dapat meningkatkan produktivitas kelenjar minyak di kulit. Semakin berminyak kulit wajah, mengakibatkan kotoran dan bakteri akan lebih mudah menempel dikulit mengakibatkan munculnya jerawat.

Namun, terkadang kita telah rutin membersihkan kulit wajah tetap saja jerawat muncul.
Ada banyak solusi untuk menghilangkan dan menyembuhkan bekas jerawat, bisa dengan obat berbahan kimia (non-alami) dan siapa sangka ternyata beberapa bumbu dapur juga ampuh menghilangkan jerawat (alami).
Mengobati jerawat secara alami memang jauh lebih aman dan jauh lebih murah, namun dibutuhkan kesabaran untuk mendapatkan hasilnya.

Berikut beberapa cara alami menghilangkan jerawat  :

Bawangputih, mengandung zat sulfur membantu menghilangkan jerawat dengan cepat. Untuk menghilangkan peradangan kulit akibat jerawat bawang putih juga mengandung antioksidan, antijamur, antivirus, dan antiseptik.
Cara penggunaannya siapkan satu siung bawang putih, potong menjadi dua bagian, oleskan langsung pada jerawat, tunggu hingga 15 menit, lalu bilas air hangat.

Perasan lemon, kandungan asam askorbatnya mampu mengatasi masalah peradangan kulit seperti jerawat, bahkan mampu menghilangkan bekas jerawat.
Cara penggunaannya siapkan satu buah lemon bagi dua, peras ambil perasan airnya, oleskan keseluruh wajah diamkan 15 hingga 20 menit. Kemudian Bilas air hangat.

Madu, khasiat madu dalam dunia kesehatan sudah tidak diragukan lagi. Diharuskan madu murni karena kandungan antibakterialnya berperan sebagai penyembuh luka dan penghilang jerawat.
Cara penggunaannya ambil 1-2 sendok makan madu, hangatkan selama 30 detik, oleskan ke wajah diamkan hingga 15 menit kemudian bilas air bersih.

Lidah buaya, kandungan polifenol yang terdapat dalam lidah buaya merupakan zat aktif yang dapat menghilangkan jerawat.
Cara penggunaannya iris dan ambil bagian dagingnya lumatkan hingga membentuk gel, oleskan ke wajah diamkan 30 - 45 menit, kemudian bilas wajah menggunakan air hangat.

Putih telur, putih telur mengandung enzim lyzonzim yang mampu menghancurkan sel bakteri penyebab jerawat.
Cara penggunaannya pisahkan putih telur dan kuning telur gunakan putih telurnya, kocok lepas bisa ditambahkan madu atau perasan jeruk nipis/lemon untukenghilangkan bau amis, sapukan kewajah diamkan selama 15 menit, kemudian bilas wajah menggunakan air hangat.

Mentimun, kandungan air yang tinggi dalam mentimun juga mampu menghilangkan jerawat disamping itu mentimun juga mengandung vitamin A, B dan C, juga mengandung antioksidan.
Cara penggunaannya iris tipis-tipis mentimun tempelkan kewajah diamkan hingga 15 - 30 menit, kemudian bilas air hangat. Cara ini akan memberikan sensasi segar dikulit wajah anda.

Tomat, buah yang satu ini juga sering dijadikan masker wajah, kandungan vitamin A dan C nya mampu membasmi jerawat.
Cara penggunaannya kurang lebih seperti mentimun, iris tipis atau bisa juga dihaluskan tempelkan ke wajah diamkan hingga 15 menit kemudian bilas wajah dengan air hangat.

Selamat mencoba.

BPN30DAYRAMADHANHALLENGE
DAY8

Referensi :
doktersehat.com

2 comments:

  1. Maskeran timun dan tomat paling enak pas siang-siang mbak :D apalagi kalo timun dan tomatnya dari kulkas tuh duh nyessss dinginnn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget mba pas banget menetralisir udara panas jadi syejuuk diwajah

      Delete