Friday, May 31, 2019

Mengisi Waktu Selama Ramadhan


Berpuasa seharian menahan lapar dan dahaga, jelas membuat tenaga kita berkurang untuk beraktivitas.
Namun hal tersebut tidak lantas menjadikan kita hanya bermalas-malasan dan tidur seharian saja di rumah.
Sebetulnya tidur saat berpuasa juga termasuk ibadah, tetapi tidak berarti kita hanya tidur saja seharian selama berpuasa. Makna sesungguhnya yaitu tidur yang diniatkan agar kuat untuk beribadah dimalam hari mulai dari shalat isya berjamaah di mesjid, shalat tarawih hingga shalat tahajjud.


Sebagai ibu rumah tangga, jam kerja dirumah juga berkurang banyak.
Untuk aktivitas memasak dan menyiapkan makanan misalnya yang diluar bulan ramadhan harus menyiapkan makanan 3 kali sehari, untuk dibulan ramadhan cukup hanya sekali saja saat berbuka dan keesokan harinya untuk menu sahur.

Bulan ramadhan hanya 30 hari dalam siklus 360 hari pertahun, ada baiknya jika kita memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya.
Agar ramadhan kita kali ini mendapat banyak timbangan amal kebaikan buat bekal diakherat kelak, berikut beberapa kegiatan yang bisa dilakukan selama bulan ramadhan untuk mengisi waktu senggang selain bermain gadget pastinya.

  1. Banyak mentadaburkan Al-quran. Mentadaburkan Al-quran berarti membaca dan memahami makna dari setiap ayat Al-quran. Jika kita membaca Al-quran dengan bersungguh-sungguh dan memusatkan konsentrasi hanya pada bacaan Al-quran saja, sungguh ada banyak faedah yang bisa kita dapatkan. Diantaranya, ada banyak ayat dalam Al-quran yang juga merupakan doa yang dapat kita jadikan doa harian kita. Kisah para nabi yang dapat dijadikan pelajaran hidup dan ayat yang juga menjelaskan mengenai sebelum dan setelah kehidupan. 
  2. Memperbanyak berdzikir dan beristighfar. 
  3. Menambah jumlah rakaat shalat malam atau shalat tahajjud, agar menjadi kebiasaan diluar bulan ramadhan dan dapat menjadi amalan rutin tiap malam.
  4. Bersedekah ke Panti-panti Asuhan. 
  5. Memperbanyak wawasan islam dengan banyak mendengarkan tausiah islam. 
  6. Memberi makan orang yang berbuka puasa, bisa dengan bagi-bagi takjil dijalanan yang ramai. 
  7. I'tikaf di mesjid. I',tikaf berarti berdiam diri di mesjid atau mushallah untuk dapat beribadah dengan tenang dan khusyuk mendekatkan diri kepada Allah swt. Dengan berdzikir, beristighfar, dan membaca Al-quranul kariim.

Banyak kegiatan yang mendatangkan manfaat yang dapat kita lakukan selama bulan ramadhan, dan sebaiknya kita mengurangi kegiatan yang sama sekali tidak bermanfaat.
Seperti balapan liar setelah shalat subuh, jalan-jalan setelah shalat subuh sah-sah saja, tetapi sebaiknya tidak berduaan dengan pacar atau yang bukan mahrom.

Semoga banyak manfaat yang diperoleh dari artikel ini.

BPN30DAYRAMADHANCHALLENGE
DAY26

No comments:

Post a Comment