Sunday, September 15, 2019

Belajar Ilmu Blog di Kelas Blog Bersama Bunda Mildaini


Minggu #6 arisan link bersama bunda Milda.
Adalah pemilik dari Kelas Blog Pemula-lah yang menjadi pemenang arisan link kali ini.

Dibulan ke dua saat saya memutuskan untuk serius menjalankan blog yang sudah sekian tahun tidak terurus kebetulan waktu itu bulan April dan masih dalam euforia memperingati bulan kelahiran salah satu pahlawan wanita Indonesia RA Kartini, bunda Milda (begitu sapaan akrab saya) membuka kelas blog khusus buat para wanita dan pemula dari seluruh Indonesia.
Singkatnya sayapun beruntung bisa terpilih untuk bergabung dalam kelas blog khusus buat para newbie blogger seperti saya ini.




Dan jelas saja bagi saya yang masih sangat newbie dalam ilmu blog, terbukanya kelas blog pemula oleh bunda milda merupakan kesempatan bagi saya untuk bisa berkembang menjadi the real blogger, pikir saya waktu itu, ehehehe.

Selama saya bergabung dengan kelas blog milik beliau, sangat banyak ilmu yang saya dapatkan.
Ada empat pokok materi pembahasan dalam grup whatsapp kelas blog bunda milda yaitu :
1. Membuat blog
2. Menulis konten blog
3. Seputar domain dan TLD
4. Membuat blog menghasilkan uang

Keempat materi tersebut hanya sebagai pokok utama pembahasan, namun kita tetap boleh bertanya apa saja sepanjang itu masih mengenai ilmu blog, keren kan !!

Selain mendapatkan ilmu mengenai blog, hal lain yang sangat menyenangkan yaitu jalinan pertemanan sesama blogger yang terasa lebih akrab melalui arisan link yang diadakan tiap minggunya.

Mengenal sosok bunda Mildaini

'Menulis untuk menyebarkan kebaikan' begitu pesan bunda Mildaini.
Karena memang proses menulis itu tidaklah mudah.
Terlebih bagi saya yang tidak punya basic sama sekali dalam hal menulis.
Menulis pada awalnya itu hanya karena sejak dulu saya sering curhat didiary dan suka baca buku dan novel, dari kebiasaan itu Alhamdulillah rasanya plong sekali ketika saya telah melampiaskan uneg-uneg saya melalui sebuah tulisan.

Dan satu hal yang sangat saya hindari dalam proses saya ngeblog yaitu saya sangat menghindari yang namanya copy paste, apalagi plagiat tulisan orang lain.
Saya lebih suka membaca sampai habis sebuah artikel kemudian saya tarik kesimpulan sendiri dan kemudian saya tuliskan kembali dengan gaya bahasa saya sendiri.
Walaupun gaya menulis saya masih amburadul dan kadang aneh, tapi itulah proses semoga dengan banyak berlatih dan membiasakan diri menulis kualitas tulisan saya bisa membaik suatu hari nanti, ehehehe.

Dan setelah berteman dengan baik dengan bunda Milda di Instagram, banyak tawaran job menarik yang sering berseliweran di insta story milik beliau dan tidak semua tawaran job itu bisa berpihak pada saya, karena kalau persyaratannya sudah mulai nyinggung nilai DA / PA sebuah blog, naah blog saya belum ada apa-apanya.hihihi...

Tapi berkat sebuah job dari bunda Milda, beberapa kisah jalan-jalan saya akhirnya bisa publish di traveldetik.com dan dua artikel diantaranya saya mendapat bayaran.

Mildaini merupakan seorang blogger asal Bengkulu yang baik, humble dan smart dimata saya.
Beliau merupakan seorang ibu dari tiga orang anak perempuan yang cantik-cantik.
Jam terbang beliau sebagai seorang penulis sudah tidak diragukan lagi dengan beberapa hasil karya tulisan beliau yang telah dibukukan.

Salah satu buku andalan beliau
 yang jadi incaran saya 

Dari instagram beliau juga, terlihat banyak sekali kegiatan atau seminar yang sering beliau ikuti, baik dalam lingkungan sesama penulis maupun seminar setingkat lembaga negara.

Saya sangat salut dengan semua sepak terjang beliau sebagai seorang blogger.

Untuk berkenalan dan tahu lebih banyak dengan sosok blogger bengkulu yang ramah ini bisa dengan berkunjung ke blog bunda Mildaini.

Dan bisa juga ke media sosial beliau

Instagram @mildaini.bkl 

Twitter @mildainibkl 

Facebook Milda Ini 

Dari teman blogger 'Kelas Blog Pemula' bunda Milda rasanya saya seperti punya sahabat baru yang bisa saya tempati bertanya sesuai bidang masing-masing peserta dan itu sangat menyenangkan bagi saya.


2 comments:

  1. Wah... Bersyukur ya mom kita bisa ikutan kelas blog yang banyak ilmu juga ga pelit kalau soal sharing

    ReplyDelete