Thursday, April 30, 2020

Kegiatan Seru Bersama Keluarga di Rumah masa Pandemi Covid-19


Perkenalkan keluarga kecil kami beranggotakan lima orang, saya (mama), suami dan tiga anak cowok yang shaleh, cakep, baik hati dan rajin menabung, hehe...

Yang sulung namanya Dzaky baru kemarin usianya genap delapan tahun, menyusul nomor dua namanya Alkautsar usianya lima tahun dan yang paling bontot namanya Habibi usianya tidak lama lagi genap dua tahun.

Anak pertama dan kedua kebetulan sudah bersekolah jadi kegiatan mereka selama di rumah setiap harinya pasti saya arahkan untuk belajar seperti biasa di sekolah paling lama 30 menit.

Saat bisa berkumpul bersama seluruh anggota keluarga selalu terasa menyenangkan dan menenangkan walau resikonya punya tiga anak lelaki semua yaaah itu dia rumah selalu berantakan, tapi untunglah si kakak sudah sering merapikan mainan sendiri saat selesai bermain, tentunya dengan membiasakan anak dengan tidak lelah untuk selalu mengingatkannya atau sekedar menyampaikan dengan lembut "nak, bantu mama yah dengan merapikan mainan kamu sendiri !!"
Biasanya kalau sudah diberi tahu seperti itu si kakak tidak pernah membantah.

Rasanya semua kegiatan terasa seru jika dijalani bersama anak, mulai dari makan bersama saat sahur, buka puasa, shalat berjamaah apalagi saat bikin takjil bersama.

Kalau mereka ditanya mengenai kegiatan yang paling seru selama di rumah pasti mereka akan menjawab yaitu saat mandi bersama, karena saat itu mereka saya biarkan main air sepuasnya dan saat mereka main air disitulah saya bisa dengan tenang sedikit menikmati me time ala emak-emak, lumayanlah karena kalau sudah ketemu air mereka bisa sampai setengah jam main airnya.

Kegiatan seru lainnya di rumah bersama suami dan anak yaitu saat membuatkan anak mainan dari kardus bekas, mereka sangat excited kalau sudah masalah mainan apalagi yang dibuat sendiri alih-alih bikin prakarya sederhana hasil dari nonton youtube.
Lumayan bisa irit uang belanja buat beli mainan.

Kalau si bungsu mah ikut saja dengan kakak-kakaknya, kakaknya main apa disitu pasti dia ikut-ikutan dan sekarang dia lagi senang-senangnya mencorat-coret dinding kalau dapat krayon atau spidol kakaknya yang lupa dibereskan.

Dan yang paling seru adalah saat anak-anak sudah mengeluh kelaparan dan ingin sekali buka puasa, padahal baru setengan jalan.
Ketika sudah seperti itu, kita sebagai orangtua mesti pandai-pandai mengalihkan perhatian anak agar puasanya kembali tidak berasa lagi bisa dialihkan dengan membacakan kisah para nabi dan sahabat nabi atau kisah teladan anak yang mereka bisa jadikan panutan dalam berpuasa.
Dan itu bukan hal yang mudah walau kadang berhasil pada si kakak tapi kalau si adek kadang beneran sudah tidak tahan lagi, yaaa tidak apalah namanya juga belajar puasa.

Dan entah mengapa kegiatan menonton Upin dan Ipin selalu menjadi kegiatan paling seru mereka lainnya saat di rumah, kalau film upin Ipin sudah main, mereka kelihatannya bahagia sekali sampai suka senyum-senyum sendiri pas nonton Upin Ipin.

30 Day Ramadhan Blog Challenge
BPN Day 9

No comments:

Post a Comment